Cara Bacaan Sholat: Panduan Lengkap untuk Kawan Mastah

Hello Kawan Mastah, apakah kamu ingin belajar cara bacaan sholat yang benar dan tepat? Sholat merupakan salah satu ibadah wajib dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dalam sholat, tidak hanya sekedar melaksanakan gerakan-gerakan fisik, namun juga membaca doa-doa yang mempunyai makna yang sangat penting. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara bacaan sholat dengan benar dan tepat.

1. Pengertian Sholat

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Sholat juga merupakan salah satu rukun Islam yang keempat setelah syahadat, zakat, dan puasa. Dalam sholat, kita berkomunikasi dengan Allah SWT dan memperkuat hubungan kita dengan-Nya.

Adapun dalil mengenai wajibnya sholat diantaranya adalah:

No
Surah
Ayat
1
Al-Baqarah
238
2
Al-Baqarah
45
3
Al-A’rāf
170

2. Niat Sholat

Niat sholat merupakan syarat sahnya sholat. Sebelum memulai sholat, kita harus menyatakan niat dalam hati untuk melaksanakan ibadah sholat. Niat sholat harus dilakukan sebelum takbiratul ihram, yaitu saat mengangkat tangan untuk memulai sholat.

Misalnya, ketika hendak melaksanakan sholat zuhur, niatnya adalah “Saya niat melaksanakan sholat zuhur dua rakaat karena Allah SWT”.

3. Waktu Sholat

Waktu sholat dibagi menjadi lima, yaitu sholat subuh, dhuha, zuhur, ashar, dan maghrib. Waktu sholat juga berbeda di setiap daerah.

Berikut adalah waktu sholat di Jakarta:

No
Waktu Sholat
Waktu
1
Subuh
04.16
2
Dhuha
06.01
3
Zuhur
11.44
4
Ashar
15.02
Maghrib
18.06

4. Bacaan Sholat

Bacaan sholat terdiri dari takbiratul ihram, bacaan al-fatihah, bacaan doa qunut (jika sholat subuh), dan bacaan doa tahiyat akhir. Bacaan sholat juga terdapat pada masing-masing rakaat.

Berikut adalah bacaan sholat yang wajib kita ketahui:

a. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah takbir pertama pada saat memulai sholat dan menjadi tanda dimulainya sholat. Takbiratul ihram dilakukan saat mengangkat kedua tangan sebelum membaca niat sholat.

Bacaan takbiratul ihram adalah: “Allahu akbar”.

b. Bacaan Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah surah pembuka dalam Al-Qur’an. Al-Fatihah wajib dibaca pada setiap rakaat sholat.

Bacaan Al-Fatihah adalah:

“BismillahirrahmanirrahimAlhamdulillahi rabbil ‘aalaminAr-rahmanir-rahimMaliki yaumid-dinIyyaka na’budu wa iyyaka nasta’inIhdinas-siratal mustaqimSiratal-ladhina an’amta ‘alaihimGhairil-maghdubi ‘alaihim walad-dallin. Amin.”

c. Bacaan Doa Qunut (Sholat Subuh)

Doa qunut dibaca pada rakaat terakhir sholat subuh. Doa qunut biasanya dibaca pada saat posisi berdiri setelah rukuk sebelum sujud. Doa qunut juga bersifat sunnah, namun pada beberapa mazhab, doa qunut menjadi wajib.

Bacaan doa qunut adalah:

“Allahumma inna nastainuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alayka wa nuthni ‘alayk alkhair. Wa nashkuruka wa laaa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku man yafjuruka. Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilayka nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bilkuffari mulhiq.”

d. Bacaan Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir dibaca pada rakaat terakhir dari setiap sholat sebelum salam. Doa tahiyat akhir juga menjadi tanda akhirnya sholat.

Bacaan doa tahiyat akhir adalah:

“At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wat-tayyibat, as-salamu ‘alaika ayyuha-n-Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh, as-salamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahis-salihiin. Ash-hadu an la ilaha illallahu wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh.”

5. Kesalahan dalam Bacaan Sholat

Beberapa kesalahan dalam bacaan sholat yang sering terjadi di antaranya adalah:

a. Salah dalam Membaca Al-Fatihah

Salah dalam membaca Al-Fatihah bisa terjadi karena kurangnya pemahaman terkait tajwid atau kurangnya latihan.

b. Salah dalam Membaca Doa Qunut

Salah dalam membaca doa qunut bisa terjadi karena kurangnya pemahaman terkait bacaan doa atau kurangnya latihan.

c. Salah dalam Membaca Doa Tahiyat Akhir

Salah dalam membaca doa tahiyat akhir bisa terjadi karena kurangnya pemahaman terkait bacaan doa atau kurangnya latihan.

6. FAQ

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang mengenai cara bacaan sholat antara lain:

a. Apakah sholat dapat dibaca dengan bahasa lain selain bahasa Arab?

Sholat harus dibaca dengan bahasa Arab karena merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an. Namun, jika kita tidak memahami bahasa Arab, kita bisa mengikuti sholat dengan membaca terjemahan dalam bahasa kita.

b. Apakah sholat yang tidak diucapkan bacaan doa atau yang bacaannya salah sah?

Sholat yang tidak diucapkan bacaan doa atau yang bacaannya salah tetap sah selama gerakan-gerakan sholat dilakukan dengan benar dan tepat.

c. Apakah sholat yang dilakukan dengan bacaan yang salah harus diulang?

Sholat harus diulang jika kita melakukan kesalahan dalam bacaan yang dapat mengubah makna dari doa atau surah yang dibaca. Namun, jika kesalahan yang dilakukan tidak mengubah makna, sholat tersebut masih sah.

Itulah penjelasan mengenai cara bacaan sholat yang benar dan tepat. Dengan memahami cara bacaan sholat dengan benar, kita bisa melaksanakan sholat dengan lebih khusyuk dan tentunya lebih merasa dekat dengan Allah SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kawan Mastah. Terima kasih.

Cara Bacaan Sholat: Panduan Lengkap untuk Kawan Mastah