Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan untuk Kawan Mastah

Selamat datang Kawan Mastah, bagi kamu yang tidak suka ikan, membuat siomay mungkin tampak sulit. Tapi jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan resep cara membuat siomay tanpa ikan yang mudah dan enak. Yuk langsung kita simak resepnya!

Bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuat siomay tanpa ikan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Ubi jalar
200 gram
Taoge
100 gram
Tahu putih
100 gram
Wortel
50 gram
Lumpia kulit
5 lembar
Bawang putih
2 siung
Ketumbar
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya

Cara membuat siomay tanpa ikan

Setelah semua bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kukus ubi jalar

Cuci bersih ubi jalar dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, kukus ubi jalar selama kurang lebih 25 menit atau hingga empuk.

2. Haluskan ubi jalar dan bawang putih

Setelah ubi jalar matang, haluskan ubi jalar dan bawang putih dengan menggunakan blender atau food processor hingga lembut dan tercampur rata.

3. Rebus taoge dan wortel

Cuci bersih taoge dan potong wortel kecil-kecil. Rebus taoge dan wortel hingga cukup empuk, kemudian tiriskan airnya dan diamkan sejenak hingga suhu ruang.

4. Haluskan tahu dan campurkan dengan ubi jalar

Potong tahu putih menjadi bagian-bagian kecil dan haluskan menggunakan blender atau food processor bersama dengan adonan ubi jalar dan bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya.

5. Campurkan taoge dan wortel dengan adonan tahu dan ubi jalar

Tambahkan taoge dan wortel yang sudah direbus ke dalam adonan tahu dan ubi jalar. Aduk rata dan tambahkan garam, merica, dan ketumbar secukupnya. Aduk kembali hingga adonan tercampur rata.

6. Bungkus adonan dengan lumpia kulit

Ambil selembar lumpia kulit dan ambil sejumput adonan siomay. Letakkan adonan di tengah lumpia kulit. Lipat dua lumpia kulit dan rapatkan ujung-ujungnya. Potong dadu-dadu kecil dan siomay tanpa ikan siap disajikan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Apa alternatif bahan pengganti ubi jalar?

Jika kamu tidak menyukai ubi jalar, kamu bisa menggunakan kentang sebagai penggantinya. Potong dan kukus kentang hingga empuk, kemudian haluskan dan campurkan dengan adonan tahu dan bawang putih.

2. Bisakah siomay tanpa ikan disimpan di dalam kulkas?

Tentu saja bisa! Kamu bisa menyimpan siomay tanpa ikan dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas selama maksimal 3 hari. Jika ingin lebih awet, kamu bisa membekukan siomay tanpa ikan dalam kantong plastik dan simpan di dalam freezer selama kurang lebih 2 minggu.

3. Apa kesulitan yang biasa dialami saat membuat siomay tanpa ikan?

Beberapa kesulitan yang mungkin dialami saat membuat siomay tanpa ikan adalah konsistensi adonan. Pastikan adonan tidak terlalu basah atau terlalu kering agar mudah dibentuk. Selain itu, hindari memasukan adonan terlalu banyak agar tidak terlalu penuh dan mudah rusak saat dimasak.

Sekian resep cara membuat siomay tanpa ikan untuk Kawan Mastah. Selamat mencoba dan nikmati siomay yang lezat dan bergizi ini!

Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan untuk Kawan Mastah