Cara Bikin Tekwan: Resep Tekwan Palembang yang Mudah Dibuat

Hello Kawan Mastah! Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Palembang yang satu ini? Tekwan adalah hidangan sup ikan dengan isi bakso ikan yang kenyal dan lezat. Tak hanya enak, tekwan juga sangat mudah dibuat di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai masak, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan sudah siap di dapur. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tekwan:

Bahan
Jumlah
Ikan tenggiri
500 gram
Tepung sagu
300 gram
Tepung terigu
100 gram
Bawang putih
2 siung
Garam
secukupnya
Merica bubuk
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya
Kucai (opsional)
secukupnya

Cara Membuat Tekwan

1. Membuat Bakso Ikan

Langkah pertama dalam membuat tekwan adalah membuat bakso ikan sebagai isian dari sup. Berikut adalah cara membuat bakso ikan:

Siapkan ikan tenggiri segar yang telah dibersihkan dari sisik dan tulang. Haluskan daging ikan dengan food processor atau blender. Tambahkan garam, merica bubuk, dan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam adonan ikan. Aduk rata.

Tambahkan tepung sagu dan tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan ikan sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama 30 menit.

Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil seukuran bola pingpong. Rebus bola-bola ikan dalam air mendidih sampai matang, angkat dan tiriskan.

2. Membuat Kuah Tekwan

Setelah bakso ikan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat kuah tekwan yang gurih dan lezat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Rebus tulang ikan dalam air sebentar, angkat dan buang air rebusannya. Masukkan kembali tulang ikan ke dalam air rebusan dan masak hingga mendidih.

Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya ke dalam kuah. Masukkan bakso ikan yang telah matang ke dalam kuah dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Siapkan mangkuk dan masukkan tekwan yang telah matang ke dalam mangkuk. Tuangkan kuah tekwan ke dalam mangkuk dan taburi dengan kucai.

FAQ Tekwan

1. Apakah saya dapat mengganti ikan tenggiri dengan ikan lain?

Ikan tenggiri adalah ikan yang biasa digunakan untuk membuat tekwan karena dagingnya kenyal dan tidak berbau amis. Namun, Anda dapat mengganti dengan ikan lain seperti ikan kakap atau ikan mas. Pastikan ikan yang digunakan segar dan tidak berbau.

2. Apakah tepung terigu dapat diganti dengan tepung sagu?

Secara teori, tepung terigu dapat diganti dengan tepung sagu. Namun, jika diganti semua dengan tepung sagu, bakso ikan akan menjadi terlalu kenyal dan tidak enak. Sebaiknya gunakan campuran tepung sagu dan tepung terigu untuk hasil yang lebih baik.

3. Apakah saya dapat menambahkan bahan lain ke dalam kuah tekwan?

Tekwan yang asli tidak memiliki banyak bahan lain selain bakso ikan dan kuah ikan. Namun, jika Anda ingin menambahkan bahan lain seperti jamur atau udang ke dalam kuah, boleh saja. Pastikan bahan lain yang ditambahkan segar dan tidak berbau.

4. Apakah kucai dapat diganti dengan bawang goreng?

Kucai adalah bahan pelengkap yang biasa digunakan untuk tekwan. Namun, jika Anda tidak menemukan kucai, bawang goreng atau seledri juga dapat digunakan sebagai pengganti.

5. Apakah tekwan dapat disimpan dalam freezer?

Bakso ikan dapat disimpan dalam freezer selama 1-2 bulan. Namun, kuah tekwan sebaiknya disimpan terpisah dari bakso ikan untuk kualitas yang lebih baik. Ketika ingin menggunakan kembali, rebus bakso ikan dalam air mendidih selama beberapa menit hingga matang.

Sekarang kawan mastah sudah tahu cara bikin tekwan yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah ya!

Cara Bikin Tekwan: Resep Tekwan Palembang yang Mudah Dibuat