Cara Buat Pizza Teflon

Hello Kawan Mastah! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan pizza, makanan asal Italia yang sudah populer di seluruh dunia. Pizza bisa dikreasikan dengan berbagai topping, seperti daging, sayuran, keju, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kalian bahwa kalian bisa membuat pizza sendiri di rumah dengan menggunakan teflon? Yuk, simak cara buat pizza teflon berikut ini!

1. Persiapan Bahan

Sebelum memasak, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang akan kalian butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Ragi instan
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Air
150 ml
Minyak zaitun
1 sendok makan
Topping (sesuai selera)

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kalian bisa memulai proses pembuatan pizza teflon.

2. Membuat Adonan Pizza

Langkah pertama dalam membuat pizza teflon adalah membuat adonan terlebih dahulu. Berikut ini cara membuatnya:

2.1. Campurkan Tepung Terigu, Ragi Instan, Gula Pasir, dan Garam

Campurkan semua bahan yang kalian sudah siapkan (kecuali topping) ke dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

2.2. Tambahkan Air

Setelah bahan kering tercampur rata, tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dengan tangan. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu kering. Setelah adonan siap, taruh adonan di atas meja dan bulatkan adonan.

2.3. Diamkan Adonan

Taruh adonan di dalam mangkuk besar, tutup dengan kain atau plastik wrap, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang.

3. Menggulung Adonan

Setelah adonan mengembang, kalian siap untuk menggulung adonan menjadi bentuk bulat pizza. Berikut ini cara menggulung adonan:

3.1. Taburi Tepung di Atas Meja

Taburi tepung di atas meja atau permukaan yang datar untuk mencegah adonan pizza lengket.

3.2. Letakkan Adonan di Atas Meja

Letakkan adonan di atas meja yang sudah diberi tepung dan giling atau pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

3.3. Letakkan Adonan di Dalam Teflon

Setelah adonan sudah diroll, tempatkan adonan di atas teflon yang sudah dioles dengan sedikit minyak zaitun. Ratakan adonan hingga pinggirannya menutupi seluruh permukaan teflon.

4. Memasak Pizza

Setelah adonan sudah berada di atas teflon, saatnya untuk memasak pizza. Berikut ini cara memasak pizza teflon:

4.1. Panaskan Teflon

Panaskan teflon dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit.

4.2. Tambahkan Topping

Tambahkan topping sesuai dengan selera kalian di atas adonan pizza yang sudah berada di dalam teflon.

4.3. Tutup Teflon

Tutup teflon dan biarkan pizza matang selama kurang lebih 10-15 menit hingga permukaan atas pizza terlihat matang dan keju meleleh.

4.4. Angkat dan Sajikan

Angkat pizza teflon dari teflon dan sajikan di atas piring. Pizza teflon siap untuk disantap!

FAQ

1. Bisakah Menggunakan Topping yang Banyak?

Tentu saja bisa! Topping pizza adalah hal yang relatif, jadi kalian bisa menambah atau mengurangi sesuai dengan selera kalian.

2. Bisakah Menggunakan Oven Biasa?

Tentu saja bisa. Namun, jika kalian ingin mencoba membuat pizza dengan teflon, pastikan kalian menggunakan teflon yang berkualitas dan tidak lengket untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Tidak Mengembang?

Jika adonan tidak mengembang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan ragi instan yang kalian gunakan masih aktif. Kedua, pastikan air yang kalian gunakan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Ketiga, pastikan kalian sudah memberi adonan waktu yang cukup untuk mengembang.

4. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pizza Teflon?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pizza teflon tergantung pada banyak faktor, seperti jenis teflon yang digunakan, ketebalan adonan, dan banyaknya topping yang digunakan. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan untuk membuat pizza teflon adalah kurang lebih 1 jam.

5. Apa Topping yang Paling Populer untuk Pizza?

Topping yang paling populer untuk pizza adalah pepperoni, jamur, paprika, dan keju.

6. Apa Saja Jenis Topping yang Bisa Digunakan untuk Pizza?

Jenis topping yang bisa digunakan untuk pizza sangatlah banyak, tergantung pada selera masing-masing. Beberapa jenis topping yang populer adalah daging sapi, ayam, sosis, sampai sayuran seperti paprika, jamur, dan bawang bombay.

7. Bagaimana Cara Menyimpan Adonan Pizza yang Tidak Dipakai?

Kalian bisa menyimpan adonan pizza yang tidak dipakai di dalam lemari es selama kurang lebih 2-3 hari. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan plastik wrap atau memasukkannya ke dalam wadah kedap udara.

8. Bisakah Pizza Teflon Dibuat Tanpa Ragi Instan?

Tentu saja bisa. Namun, menggunakan ragi instan akan membuat adonan mengembang dengan lebih cepat dan hasilnya lebih baik.

9. Bagaimana Cara Membersihkan Teflon Setelah Digunakan?

Setelah digunakan, kalian bisa membersihkan teflon dengan menggunakan spons yang lembut dan sedikit sabun cuci piring. Pastikan kalian tidak menggunakan bahan yang kasar atau tajam karena bisa merusak permukaan teflon.

10. Apakah Pizza Teflon Lebih Sehat Dibandingkan dengan Pizza yang Dibeli di Luar?

Pizza teflon yang dibuat di rumah bisa lebih sehat dibandingkan dengan pizza yang dibeli di luar jika kalian menggunakan bahan-bahan yang segar dan sehat serta tidak menggunakan terlalu banyak keju atau minyak. Namun, ingatlah bahwa pizza tetaplah makanan yang mengandung kalori dan lemak, jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya!

//End of document.

Cara Buat Pizza Teflon