Cara Membuat Bolen Pisang untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Apa kabar? Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat bolen pisang yang enak dan mudah untuk dicoba di rumah. Banyak yang menganggap bahwa membuat bolen pisang sulit dan memerlukan waktu yang lama, namun sebenarnya resep ini sangat simpel dan bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Yuk, simak tutorial lengkapnya di bawah ini!

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memasak, tentu saja kita harus menyiapkan bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Nama Bahan
Jumlah
Tepung terigu
400 gram
Roti tawar
2 slice (haluskan)
Gula pasir
100 gram
Ragi instan
11 gram
Susu cair
150 ml
Minyak goreng
50 ml
Telur
1 butir
Garam
1/2 sendok teh
Pisang raja
3 buah (potong kecil-kecil)

Cara Membuat Bolen Pisang

1. Membuat Adonan

Pertama-tama, kita akan membuat adonan terlebih dahulu. Campurkan tepung terigu, roti tawar yang sudah dihaluskan, gula pasir, ragi instan, susu cair, minyak goreng, telur, dan garam ke dalam wadah. Aduk rata dengan menggunakan sendok atau mixer hingga adonan kalis dan lembek.

2. Membuat Isian

Selanjutnya, siapkan potongan-potongan pisang raja untuk dijadikan isian. Jangan lupa, potong pisang menjadi ukuran yang kecil agar mudah diisi ke dalam adonan.

3. Membentuk Adonan

Setelah adonan kalis dan lembek, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengembang. Setelah itu, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan tangan. Letakkan potongan pisang di atas adonan yang sudah dipipihkan, lalu rapatkan adonan hingga menutupi pisang dan membentuk bola kecil.

4. Memanggang Bolen Pisang

Setelah semua adonan dan isian sudah diisi, letakkan bolen pisang ke dalam loyang yang sudah dioles minyak goreng. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 menit agar adonan mengembang. Setelah itu, panggang bolen pisang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang dan kecokelatan.

5. Bolen Pisang Siap Disajikan

Setelah dipanggang, angkat dan dinginkan bolen pisang sejenak. Bolen pisang yang sudah matang siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Dapatkah saya menggunakan pisang apa saja?

Anda dapat menggunakan pisang apa saja sesuai preferensi Anda. Namun, disarankan untuk menggunakan pisang raja karena tekstur pisang yang lembut dan aroma pisang yang khas.

2. Bisakah saya mengganti roti tawar dengan tepung roti?

Tentu saja. Anda juga dapat menggunakan tepung roti sebagai pengganti roti tawar. Namun, pastikan untuk menyeimbangkan takaran antara tepung terigu dan tepung roti agar adonan tidak terlalu kering atau terlalu lembek.

3. Dapatkah bolen pisang disimpan dalam waktu yang lama?

Bolen pisang dapat disimpan dalam waktu yang lama dengan cara memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer. Namun, pastikan untuk memasukkan bolen pisang ke dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi oleh udara atau benda lain.

4. Bisakah bolen pisang dijual sebagai produk jualan?

Tentu saja. Bolen pisang sangat cocok dijadikan produk jualan karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu, Anda dapat menambahkan berbagai varian rasa dan bentuk agar produk Anda semakin beragam dan menarik.

5. Apakah bolen pisang dapat diolah secara halal?

Tentu saja. Bolen pisang dapat diolah secara halal dengan menggunakan bahan-bahan yang halal dan memastikan cara pembuatannya tidak melanggar aturan halal.

Cara Membuat Bolen Pisang untuk Kawan Mastah