Cara Daftar Akun PeduliLindungi – Panduan Lengkap Untuk Kawan Mastah

Hello Kawan Mastah! Kamu pasti sudah tahu kan tentang PeduliLindungi? Aplikasi ini sangat penting untuk membantu memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus punya akun terlebih dahulu. Nah, di artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang cara daftar akun PeduliLindungi. Yuk, simak!

Pengertian Akun PeduliLindungi

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memonitoring penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dalam aplikasi PeduliLindungi, penggunanya harus mendaftarkan diri dan membuat akun terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur-fitur yang ada.

Jadi, akun PeduliLindungi itu seperti identitas digital kamu yang diperlukan untuk bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan semua fitur-fiturnya.

Tahapan Cara Daftar Akun PeduliLindungi

Berikut adalah tahapan-langkah untuk melakukan pendaftaran akun PeduliLindungi:

Tahapan
Deskripsi
1
Download aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store.
2
Setelah aplikasi ter-install, buka aplikasi PeduliLindungi dan klik tombol ‘Daftar’.
3
Masukkan nomor handphone yang aktif, kemudian klik ‘Selanjutnya’.
4
Pastikan nomor handphone yang kamu masukkan sudah benar, kemudian klik ‘Verifikasi’.
Isi data diri secara lengkap sesuai dengan KTP/SIM/KITAS/KITAP, kemudian klik ‘Simpan’.
6
Setelah berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa akun kamu sudah berhasil dibuat. Kamu bisa menggunakan akun PeduliLindungi untuk menggunakan fitur-fitur pada aplikasi.

FAQ tentang Cara Daftar Akun PeduliLindungi

Apa syarat-syarat untuk membuat akun PeduliLindungi?

Untuk membuat akun PeduliLindungi, kamu harus memiliki nomor handphone yang masih aktif dan data diri yang lengkap sesuai dengan KTP/SIM/KITAS/KITAP.

Apakah mendaftar akun PeduliLindungi berbayar?

Tidak, mendaftar akun PeduliLindungi tidak berbayar alias gratis.

Bagaimana jika nomor handphone yang saya masukkan tidak terverifikasi?

Kamu harus memasukkan nomor handphone yang aktif agar bisa mendapatkan kode verifikasi. Jika nomor handphone yang kamu masukkan tidak terverifikasi, kamu bisa mencoba untuk memasukkan nomor handphone yang benar atau cek koneksi internet yang kamu gunakan.

Apakah data diri yang saya masukkan aman di aplikasi PeduliLindungi?

Ya, data diri kamu akan dienkripsi dan disimpan secara aman di server Kemkominfo.

Bagaimana jika saya lupa password akun PeduliLindungi?

Kamu bisa klik tombol ‘Lupa Password’ dan melakukan reset password melalui nomor handphone yang sudah terdaftar di akun PeduliLindungi.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap tentang cara daftar akun PeduliLindungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kawan Mastah yang ingin memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi untuk membantu memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Cara Daftar Akun PeduliLindungi – Panduan Lengkap Untuk Kawan Mastah