Cara Bikin Sambal: 20 Langkah Mudah Untuk Semua Kawan Mastah

Sudahkah Kawan Mastah mencoba membuat sambal sendiri di rumah? Pasti sangat menyenangkan dan terasa lebih nikmat ketika memakan makanan yang diberi sambal buatan sendiri. Sambal adalah saus yang dihasilkan dari campuran cabai, garam, gula, dan bahan-bahan lainnya, yang membuat setiap hidangan lebih lezat dan pedas.

1. Persiapan Bahan-bahan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat sambal adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Lebih baik lagi jika memilih cabai segar yang masih berwarna merah dan tidak rusak.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:

Bahan
Jumlah
Cabai merah keriting
250 gram
Cabai rawit
10-20 butir
Bawang putih
5 siung
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok teh
Air matang
1 gelas

2. Cuci dan Potong Cabai

Cuci bersih semua cabai dan potong-potong agar mudah dihaluskan nanti. Lebih baik memakai sarung tangan ketika memotong cabai agar tidak terlalu pedas pada kulit tangan.

3. Haluskan Cabai

Selanjutnya, haluskan cabai sesuai dengan keinginan menggunakan blender atau ulekan. Bisa juga dicampur dengan bawang putih supaya lebih harum.

4. Tambahkan Garam dan Gula Pasir

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam campuran cabai yang sudah dihaluskan. Bisa disesuaikan dengan selera sendiri, jangan terlalu banyak agar tidak terlalu asin atau manis.

5. Tambahan Air Matang

Tambahkan air matang ke dalam sambal yang sudah diberi garam dan gula pasir. Aduk rata agar meresap ke semua bahan. Sambal siap disajikan!

6. Cara Mengukur Kepedasan Sambal

Kawan Mastah mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara mengukur kepedasan sambal?”. Ada beberapa cara untuk mengukurnya, antara lain:

6.1. Menggunakan Skala Scoville

Skala Scoville adalah skala pengukuran kepedasan suatu makanan, khususnya pada cabai. Semakin tinggi angkanya, semakin pedas pula cabai tersebut.

6.2. Menggunakan Lidah dan Mulut Anda

Mengukur kepedasan sambal dengan lidah dan mulut Anda. Jika lidah dan mulut terasa panas dan pedas, maka sambal tersebut dianggap pedas.

6.3. Tanya Teman atau Keluarga

Jangan takut bertanya dengan teman atau keluarga untuk mengukur kepedasan sambal yang sudah Kawan Mastah buat. Mintalah mereka untuk mencicipinya dan memberi tahu apakah sambal tersebut terlalu pedas atau tidak.

7. Tips Membuat Sambal yang Lebih Enak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat sambal yang lebih enak:

7.1. Gunakan Cabai yang Masih Segar

Cabai yang masih segar akan memberikan rasa pedas dan aroma yang lebih nikmat pada sambal.

7.2. Tambahkan Bawang Putih

Menambahkan bawang putih akan memberikan aroma yang harum dan membuat sambal lebih sedap.

7.3. Tambahkan Garam dan Gula Secukupnya

Tambahkan garam dan gula secukupnya agar tidak terlalu asin atau manis.

7.4. Tambahkan Air Matang

Tambahkan air matang untuk membuat sambal lebih encer dan mudah diaduk.

7.5. Simpan di Tempat yang Benar

Simpan sambal di tempat yang bersih dan tertutup rapat. Sambal juga bisa disimpan di dalam kulkas agar lebih awet.

8. Sambal Terlalu Asin, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika sambal terlalu asin, Kawan Mastah bisa menambahkan air matang agar rasa asin tereduksi. Selain itu, bisa juga menambahkan gula pasir atau jeruk nipis agar rasanya lebih seimbang.

9. Sambal Terlalu Manis, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika sambal terlalu manis, Kawan Mastah bisa menambahkan cabai atau garam agar rasanya lebih seimbang. Selain itu, jeruk nipis juga bisa menetralkan rasa manis pada sambal.

10. Sambal Terlalu Pedas, Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mengurangi kepedasan sambal, Kawan Mastah bisa menambahkan air matang atau gula pasir. Selain itu, bisa juga menambahkan kecap manis atau santan untuk menetralkan rasa pedasnya.

11. Variasi Cara Membuat Sambal

Tidak hanya dengan cara di atas, Kawan Mastah juga bisa mencoba variasi cara membuat sambal yang lain, antara lain:

11.1. Sambal Matah

Sambal ini berasal dari Bali. Biasanya terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan jeruk limau. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan diulek.

11.2. Sambal Terasi

Sambal yang satu ini pasti tidak asing bagi Kawan Mastah yang suka makan makanan Padang. Sambal terasi terbuat dari cabai, terasi, bawang putih, gula merah, dan air jeruk nipis. Cara membuatnya hampir sama dengan sambal di atas, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan dihaluskan.

11.3. Sambal Kacang

Sambal kacang adalah sambal yang dihasilkan dari campuran kacang tanah, cabai merah, gula merah, dan bahan-bahan lainnya. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menumis bawang putih dan cabai, kemudian dicampurkan dengan kacang yang sudah digiling halus.

12. Sambal Untuk Hidangan Padang

Sambal adalah saus yang sangat populer di makanan Padang. Salah satu sambal yang sering dihidangkan adalah sambal lado mudo. Sambal ini terbuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, garam, dan air matang.

13. Pasangan Makanan yang Cocok dengan Sambal

Sambal bisa menjadi pasangan sempurna untuk banyak makanan, di antaranya:

13.1. Nasi Goreng

Nasi goreng dan sambal adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Rasa pedas dari sambal bisa menambah kenikmatan dari nasi goreng.

13.2. Soto Ayam

Soto ayam juga sangat cocok dengan sambal. Rasa pedas pada sambal bisa menambah kenikmatan dari soto ayam yang hangat.

13.3. Pecel

Pecel adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan saus kacang. Sambal bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk menambah cita rasa pedas dan nikmat pada makanan ini.

14. Sambal untuk Kesehatan

Ternyata, sambal juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, antara lain:

14.1. Menambah Metabolisme Tubuh

Kandungan capsaicin pada sambal bisa meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh dan membantu dalam pembakaran kalori.

14.2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bahan-bahan yang terkandung dalam sambal, seperti cabai dan bawang putih, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

14.3. Menurunkan Risiko Kanker

Cabai mengandung senyawa yang bisa membantu melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

15. Bisakah Sambal Dibuat Tanpa Cabai?

Tentu saja bisa! Kawan Mastah bisa mencoba membuat sambal dengan bahan-bahan lain yang tetap memberikan rasa pedas dan nikmat. Misalnya, dengan menggunakan cabe jamu atau cabe merah kriting.

16. Sambal Dalam Kemasan atau Buatan Sendiri?

Memilih sambal dalam kemasan atau buatan sendiri adalah hak dari Kawan Mastah. Namun, membuat sambal sendiri di rumah lebih terjamin kebersihannya dan bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

17. Berapa Lama Sambal Bisa Bertahan?

Sambal yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga sekitar 2 minggu. Namun, jika disimpan di dalam wadah kaca yang rapat, bisa bertahan hingga sekitar 1 bulan.

18. Bagaimana Memilih Cabai yang Baik untuk Sambal?

Memilih cabai yang baik untuk sambal sebaiknya dipilih yang masih segar dan tidak rusak. Pilih cabai yang masih berwarna merah cerah dan tidak terlalu kecil atau besar.

19. Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Cabai di Tangan?

Jangan panik! Untuk menghilangkan rasa pedas pada kulit tangan, Kawan Mastah bisa mencuci tangan dengan air dingin dan sabun. Untuk menghindari rasa perih, hindari menggosok kulit tangan dengan keras.

20. Kesimpulan

Membuat sambal tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan beberapa langkah mudah, Kawan Mastah bisa memasak sambal sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Bikin Sambal: 20 Langkah Mudah Untuk Semua Kawan Mastah