Cara Bikin Pempek Tanpa Ikan

Hello Kawan Mastah! Siapa yang tidak mengenal makanan khas Palembang yang satu ini? Pempek adalah makanan yang sangat populer di Sumatera Selatan dan bahkan telah menyebar ke seluruh Indonesia. Tapi, bagi kamu yang vegetarian atau alergi terhadap ikan, memakan pempek mungkin menjadi momok yang menakutkan. Jangan khawatir, di sini kami akan memberikan tips untuk membuat pempek tanpa menggunakan ikan. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Kenapa Harus Bikin Pempek Tanpa Ikan?

Sebelum kita masuk ke dalam resepnya, mari kita bahas terlebih dahulu tentang kenapa kita harus membuat pempek tanpa ikan. Pertama-tama, mungkin kamu adalah seorang vegetarian atau vegan yang menghindari konsumsi produk hewani. Kedua, ada juga yang mengalami alergi terhadap ikan atau bahkan seafood secara keseluruhan.

Tentunya, bukan berarti kamu tidak boleh menikmati makanan yang satu ini karena ada cara untuk membuat pempek tanpa ikan yang tetap enak dan lezat. Selain itu, dengan membuat pempek sendiri, kamu juga bisa menyesuaikan bahan-bahannya dengan kebutuhan dan selera kamu sendiri.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat pempek tanpa ikan, kamu membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung Sagu
200 Gram
Tepung Terigu
100 Gram
Bawang Putih (haluskan)
2 Siung
Daun Bawang (cincang halus)
1 Batang
Air Matang
300 ml
Garam
Secukupnya
Lada Bubuk
Secukupnya

Langkah-langkah Membuat Pempek Tanpa Ikan

Setelah semua bahan tersedia, saatnya untuk mulai membuat pempek tanpa ikan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

1. Campurkan semua bahan dalam satu wadah

Pertama-tama, kamu perlu mencampurkan semua bahan seperti tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, garam, lada bubuk dan air matang dalam satu wadah. Aduk hingga adonan tercampur rata.

2. Diamkan adonan selama 15 menit

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 15 menit agar adonan mengembang dan siap untuk dicetak.

3. Bentuk adonan sesuai selera

Setelah diamkan, adonan siap untuk dicetak sesuai selera. Kamu bisa membentuknya menjadi bola-bola kecil, bulat pipih atau bahkan silinder seperti pempek kapal selam.

4. Rebus adonan hingga matang

Setelah adonan sudah dibentuk, siapkan panci berisi air dan masak hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan adonan pempek ke dalam panci dan tunggu sampai pempek mengapung. Angkat dan tiriskan pempek.

5. Sajikan dengan cuko atau saus kesukaan

Setelah pempek matang dan sudah di tiriskan, kamu bisa menyajikannya dengan cuko atau saus kesukaanmu. Cuko bisa dibuat menggunakan air, gula merah, air asam jawa, bawang putih, cabe rawit dan garam. Campurkan semua bahan dan masak hingga mendidih. Saus lain yang bisa kamu gunakan antara lain saus tomat, saus sambal atau saus mayonnaise.

FAQ

1. Bisakah saya menggunakan tepung lain selain tepung sagu dan tepung terigu?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan tepung aci atau tepung kanji sebagai pengganti tepung sagu. Sedangkan untuk tepung terigunya, kamu bisa menggunakan tepung terigu protein rendah atau tepung terigu biasa.

2. Bisakah saya membuat pempek tanpa telur?

Tentu saja. Telur tidak diperlukan dalam resep pempek ini. Kamu bisa mengikuti resep yang sudah kami berikan tanpa menggunakan telur.

3. Berapa lama pempek bisa disimpan?

Pempek dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Tapi, untuk mendapatkan rasa yang paling enak, sebaiknya pempek langsung disajikan setelah dimasak.

4. Bisakah pempek di goreng kembali jika sudah dingin?

Tidak disarankan. Pempek tidak akan menjadi renyah lagi jika digoreng kembali setelah dingin.

5. Bisakah saya membuat pempek dengan bahan lain selain ikan?

Tentu saja. Kamu bisa mengganti ikan dengan udang, cumi atau bahkan sayuran seperti tahu atau jamur. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa bahan tersebut untuk mendapatkan variasi rasa.

Sekian artikel tentang cara membuat pempek tanpa ikan dari kami. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Bikin Pempek Tanpa Ikan