Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah

Halo kawan mastah! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tata cara dan bacaan sholat jenazah. Sholat jenazah adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim ketika ada saudara atau teman yang meninggal dunia. Mari kita simak bersama-sama.

Tata Cara Sholat Jenazah

Ada empat rakaat sholat jenazah yang harus dilakukan. Berikut adalah tata cara sholat jenazah:

1. Niat Sholat Jenazah

Niat sholat jenazah dilakukan di dalam hati. Yang harus diucapkan adalah, “Aku niat sholat jenazah karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, kita mengangkat kedua tangan ke bahu dan mengucapkan takbiratul ihram.

3. Membaca Doa Iftitah dan Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca doa iftitah dan surat Al-Fatihah.

4. Membaca Doa untuk Jenazah

Setelah membaca Al-Fatihah, kita membaca doa untuk jenazah. Doa ini terdiri dari empat kali takbir dan beberapa kalimat doa.

5. Salam

Setelah membaca doa untuk jenazah, kita memberi salam dua kali ke kanan dan ke kiri.

Itu adalah tata cara sholat jenazah yang benar. Pastikan untuk mengikuti semua langkah-langkah tersebut dengan benar.

Bacaan Sholat Jenazah

Berikut adalah bacaan sholat jenazah yang harus diketahui:

1. Takbiratul Ihram

Allahu Akbar.

2. Doa Iftitah

Subhanaka Allahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa taala jadduka wa la ilaha ghairuka. A’udzu billahi minasyaitanirrajim. Bismillahirrahmanirrahim.

3. Al-Fatihah

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin. Ar-Rahmanirrahim. Maliki yaumiddin. Iyyaka na’budu wa iyyaka nastain. Ihdinas siraatal mustaqim. Siratal ladzina an’amta alaihim. Ghairil maghdubi alaihim waladhdholin.

4. Doa untuk Jenazah

Setelah membaca Al-Fatihah, kita membaca doa untuk jenazah. Doa ini terdiri dari empat kali takbir dan beberapa kalimat doa.

Takbir ke-1 Doa
Allahu Akbar “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shol-layta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim, innaka hamidun majid.”
  Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”
Takbir ke-2 “Allahu Akbar. Allahumma ighfirli hayyina wa mayyitina wa syahidina wa gho’ibina wa saghirina wa kubirina wa dzakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘ala iman.”
  Artinya: “Ya Allah, ampunilah kesalahan-kesalahan orang-orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, orang-orang yang berada di antara kita dan yang tidak hadir di sini, orang-orang yang masih kecil dan yang sudah besar, dan orang-orang laki-laki dan perempuan. Ya Allah, orang yang Engkau hidupkan di antara kami, hidupkanlah dia dalam keadaan Islam, dan orang yang Engkau wafatkan di antara kami, matikanlah dia dalam keadaan beriman.”
Takbir ke-3 “Allahu Akbar. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudlilana ba’dahu.”
  Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelahnya.”
Takbir ke-4 “Allahu Akbar. Allahumma qini’ ‘adhaba jahannam.”
  Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari siksa neraka.”

5. Salam

Setelah membaca doa untuk jenazah, kita memberi salam dua kali ke kanan dan ke kiri.

FAQ

Apa itu sholat jenazah?

Sholat jenazah adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim ketika ada saudara atau teman yang meninggal dunia.

Berapa rakaat sholat jenazah?

Ada empat rakaat sholat jenazah yang harus dilakukan.

Bagaimana tata cara sholat jenazah yang benar?

Ada empat langkah yang harus dilakukan, yaitu niat sholat jenazah, takbiratul ihram, membaca doa iftitah dan Al-Fatihah, membaca doa untuk jenazah, dan memberi salam.

Apa bacaan sholat jenazah yang harus diketahui?

Bacaan sholat jenazah terdiri dari takbiratul ihram, doa iftitah, Al-Fatihah, doa untuk jenazah, dan salam.

Demikian artikel tentang tata cara dan bacaan sholat jenazah. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk selalu memperbanyak ibadah dan taqwa kepada Allah SWT. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah