Cara Transfer Sesama Gopay: Panduan Lengkap dan Mudah

Halo Kawan Mastah, apa kabar? Kali ini kita akan membahas mengenai cara transfer sesama Gopay. Sebagai salah satu bentuk layanan keuangan digital, Gopay memudahkan kita untuk melakukan transaksi di era digital ini. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah transfer antar pengguna Gopay. Nah, untuk Kamu yang masih bingung bagaimana cara transfer sesama Gopay, yuk simak panduannya di bawah ini.

Apa itu Gopay?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara transfer sesama Gopay, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Gopay. Gopay adalah layanan keuangan digital yang dimiliki oleh Gojek. Dengan menggunakan fitur ini, Kamu bisa melakukan transaksi seperti pembayaran tagihan, belanja online, bahkan bisa digunakan untuk membayar transportasi menggunakan jasa Gojek.

Untuk menggunakan layanan Gopay, Kamu harus memiliki akun Gojek dan melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Setelah itu, Kamu bisa melakukan pengisian saldo Gopay melalui transfer bank atau melalui driver Gojek yang menerima pembayaran Gopay.

Cara Transfer Sesama Gopay Melalui Aplikasi Gojek

Berikut adalah langkah-langkah cara transfer sesama Gopay melalui aplikasi Gojek:

1. Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuka aplikasi Gojek di smartphone Kamu. Setelah itu, Kamu harus masuk ke akun Gojek yang sudah terdaftar sebelumnya. Jika sudah masuk, Kamu bisa mencari fitur Gopay di bagian bawah layar aplikasi.

2. Pilih Menu “Transfer”

Setelah Kamu masuk ke menu Gopay, pilih opsi “Transfer” yang ada di bagian bawah layar aplikasi. Setelah itu, Kamu bisa memilih apakah ingin melakukan transfer ke rekening bank atau ke pengguna Gopay lainnya. Pada kesempatan ini, Kamu akan memilih opsi transfer ke pengguna Gopay lainnya.

3. Masukkan Nomor HP atau ID Gopay Penerima

Setelah Kamu memilih opsi transfer ke pengguna Gopay lainnya, Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP atau ID Gopay penerima. Pastikan nomor HP atau ID Gopay yang Kamu masukkan benar agar transfer tidak tertuju ke penerima yang salah.

4. Masukkan Jumlah yang Akan Ditransfer

Setelah memasukkan nomor HP atau ID Gopay penerima, Kamu harus memasukkan jumlah saldo Gopay yang ingin ditransfer. Pastikan jumlah yang Kamu masukkan sesuai dengan saldo yang tersedia di akun Gopay Kamu.

5. Konfirmasi Transfer

Setelah memasukkan nomor HP atau ID Gopay penerima dan jumlah yang ingin ditransfer, Kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi transfer. Pastikan data yang Kamu masukkan sudah benar sebelum menekan tombol konfirmasi. Jika sudah yakin, tekan tombol “Lanjutkan”.

6. Transfer Berhasil

Setelah menekan tombol “Lanjutkan”, transfer akan diproses oleh sistem Gopay. Jika transfer berhasil, Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer sudah berhasil dilakukan. Kamu juga bisa melihat saldo terbaru di akun Gopay Kamu.

Cara Transfer Sesama Gopay Melalui SMS

Selain melalui aplikasi Gojek, Kamu juga bisa melakukan transfer sesama Gopay melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Pesan Baru

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuat pesan baru di aplikasi SMS di smartphone Kamu. Setelah itu, Kamu harus memasukkan nomor SMS center Gopay yaitu 9911.

2. Masukkan Format Pesan

Setelah memasukkan nomor SMS center Gopay, Kamu harus memasukkan format pesan sesuai dengan yang sudah ditentukan. Format pesan sesama Gopay adalah:

Isi Pesan
Penjelasan
TRF (spasi) Nomor Gopay Penerima (spasi) Jumlah Transfer
Untuk melakukan transfer ke pengguna Gopay lainnya

Contoh format pesan sesama Gopay:

TRF 081234567890 50000

Artinya Kamu akan mentransfer Rp 50.000 ke nomor Gopay 081234567890.

3. Kirim Pesan

Setelah memasukkan format pesan sesuai dengan yang sudah ditentukan, Kamu bisa mengirimkan pesan ke nomor SMS center Gopay yaitu 9911. Pastikan saldo Gopay Kamu mencukupi untuk melakukan transfer.

FAQ (Frequently Asked Questions) Cara Transfer Sesama Gopay

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan transfer sesama Gopay?

Transfer sesama Gopay tidak dikenakan biaya alias gratis.

2. Apakah limit transfer sesama Gopay ada batasan?

Ya, saat ini limit transfer sesama Gopay adalah sebesar Rp 2.000.000 per transaksi dan maksimal Rp 10.000.000 per hari.

3. Apa yang harus saya lakukan jika transfer sesama Gopay tidak berhasil?

Jika transfer sesama Gopay Kamu tidak berhasil, Kamu bisa menghubungi customer service Gojek melalui fitur “Bantuan” yang ada di aplikasi Gojek.

4. Apakah transfer sesama Gopay bisa dilakukan kapan saja?

Ya, Kamu bisa melakukan transfer sesama Gopay kapan saja selama saldo Gopay Kamu mencukupi.

5. Apakah transfer sesama Gopay bisa dilakukan ke nomor HP yang belum terdaftar di Gojek?

Tidak, Kamu hanya bisa melakukan transfer sesama Gopay ke nomor HP atau ID Gopay yang sudah terdaftar di Gojek.

Itulah panduan lengkap dan mudah mengenai cara transfer sesama Gopay. Dengan menggunakan layanan Gopay, Kamu bisa melakukan transaksi secara mudah dan cepat di era digital ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kamu ya, Kawan Mastah.

Cara Transfer Sesama Gopay: Panduan Lengkap dan Mudah