Tata Cara Sholat Istikharah dan Waktunya untuk Kawan Mastah

Halo, Kawan Mastah! Pernahkah kamu merasa bimbang dalam mengambil keputusan penting dalam hidup? Istikharah adalah salah satu doa yang bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT untuk meminta petunjuk dalam mengambil keputusan. Namun, bagaimana sebenarnya tata cara sholat istikharah dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Simak penjelasannya di artikel ini.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sebelum memulai sholat istikharah, pastikan kamu telah memahami doa dan bacaannya dengan baik. Berikut tata cara sholat istikharah yang benar:

1. Niat

Sebelum memulai sholat istikharah, niatkan dalam hati untuk melakukan sholat istikharah.

2. Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Sebelum sholat istikharah, disarankan untuk melakukan sholat sunnah tahiyatul masjid terlebih dahulu.

3. Membaca Doa Istikharah

Setelah sholat sunnah tahiyatul masjid, lakukanlah sholat istikharah dengan membaca doa istikharah:

Arab
Latin
Arti
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاقْدُرْهُ لِّيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِّيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِيْ بِهِ.
“Allahumma inni astakhiruka bi’ilmika wa astaqdiruka bi-qudratika wa as’aluka min fadlika al-‘azim fa-innaka taqdiru walaa aqdiru wa ta’lamu walaa a’lamu wa anta ‘allamu al-ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadha al-amra khayrun li fi deeni wa ma’ashi wa ‘aqibati amri faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi wa in kunta ta’lamu anna haadha al-amra sharrun li fi deeni wa ma’ashi wa ‘aqibati amri fasrifhu anni wasrifni anhu waqdir liya al-khayra haithu kana thumma ardini bihi.”
“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Dan aku memohon kekuatan kepada-Mu. Dan aku memohon keutamaan-Mu yang besar. Karena Engkau Mahakuasa dan aku miskin, serta Engkau Mahamengetahui dan aku buta. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini lebih baik untukku, dalam urusan agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusanku, maka takdirkanlah untukku, permudahkanlah bagiku, dan berkahilah buatku di dalamnya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, dalam urusan agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusanku, maka hindarkanlah aku darinya dan jauhkanlah aku darinya. Dan takdirkanlah untukku kebaikan dimana saja ia berada.[1]”

4. Tidur

Setelah selesai sholat istikharah, tidurlah dengan tenang dan jangan khawatir tentang keputusan yang akan diambil.

5. Evaluasi

Setelah bangun tidur, evaluasilah perasaan dan pikiran yang muncul. Apakah ada kecenderungan untuk mengambil keputusan yang lebih condong ke arah satu sisi? Apabila tidak ada kecenderungan seperti itu, maka pilihlah keputusan yang menurutmu paling baik.

Waktu Melakukan Sholat Istikharah

Sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja, namun sebaiknya dilakukan pada waktu yang disunnahkan, yaitu pada malam hari setelah sholat Isya. Adapun waktu-waktu yang baik untuk melakukan sholat istikharah antara lain:

1. Setelah Sholat Isya

Waktu yang paling dianjurkan untuk melakukan sholat istikharah adalah pada malam hari setelah sholat Isya. Hal ini karena pada waktu itu pikiran lebih tenang dan lebih mudah fokus dalam memohon petunjuk dari Allah SWT.

2. Saat Terlilit Masalah

Saat menghadapi masalah yang sulit dipecahkan, lakukanlah sholat istikharah untuk meminta bimbingan dari Allah SWT.

3. Sebelum Mengambil Keputusan Penting

Sebelum mengambil keputusan penting, lakukanlah sholat istikharah untuk meminta petunjuk dari Allah SWT.

4. Dalam Setiap Urusan Hidup

Kamu bisa melakukan sholat istikharah dalam setiap urusan hidupmu, baik itu pekerjaan, pendidikan, atau kehidupan pribadi.

FAQ

1. Apakah sholat istikharah harus dilakukan dalam waktu malam?

Tidak harus. Sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja, namun sebaiknya dilakukan pada malam hari setelah sholat Isya karena pada waktu itu pikiran lebih tenang dan lebih mudah fokus dalam memohon petunjuk dari Allah SWT.

2. Bagaimana jika saya tidak merasa ada petunjuk dari Allah setelah melakukan sholat istikharah?

Kamu tetap harus mengambil keputusan sendiri dan bertindak dengan percaya diri setelah melakukan sholat istikharah. Tetaplah berdoa kepada Allah SWT agar memberikan petunjuk dan keberkahan dalam keputusanmu.

3. Apa yang harus dilakukan setelah sholat istikharah?

Setelah sholat istikharah, tidurlah dengan tenang dan jangan khawatir tentang keputusan yang akan diambil. Kemudian, evaluasilah perasaan dan pikiran yang muncul. Apakah ada kecenderungan untuk mengambil keputusan yang lebih condong ke arah satu sisi? Apabila tidak ada kecenderungan seperti itu, maka pilihlah keputusan yang menurutmu paling baik.

4. Apakah doa istikharah bisa dibaca dalam bahasa lain selain bahasa Arab?

Boleh. Doa istikharah bisa dibaca dalam bahasa apapun asalkan tetap mengandung makna yang sama dengan doa aslinya.

5. Apakah doa istikharah harus dibaca secara lengkap atau singkat?

Doa istikharah bisa dibaca secara lengkap atau singkat. Namun, disarankan untuk membaca doa istikharah secara lengkap agar lebih memahami maknanya dan memperkuat penghayatan dalam berdoa.

Demikianlah tata cara sholat istikharah dan waktunya yang bisa Kawan Mastah lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kawan Mastah yang membutuhkan petunjuk dari Allah SWT. Jangan lupa selalu berdoa dan percaya bahwa keputusan yang diambil akan memberikan kebaikan bagi kita. Terima kasih telah membaca!

Tata Cara Sholat Istikharah dan Waktunya untuk Kawan Mastah