Cara Membuat Pempek Telur untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pempek telur. Pempek telur adalah salah satu jenis pempek yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat pempek telur menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan ringan atau makanan utama. Nah, bagi kalian yang ingin belajar membuat pempek telur sendiri di rumah, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pempek telur, tentu saja kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kita butuhkan:

Bahan
Jumlah
Ikan tenggiri
250 gram
Tepung sagu
150 gram
Tepung terigu
50 gram
Putih telur ayam
3 butir
Bawang putih (haluskan)
3 siung
Garam
secukupnya
Gula
1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk
1 sendok teh
Air es
200 ml

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai membuat pempek telur. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Pempek Telur

1. Cuci Bersih Ikan Tenggiri

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan ikan tenggiri yang akan kita gunakan. Cuci ikan tersebut dengan air mengalir sampai bersih dan buang bagian kulit dan tulangnya. Kemudian, potong ikan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk dihaluskan.

2. Haluskan Ikan Tenggiri

Setelah ikan diciuci bersih dan dipotong, kita bisa mulai menghaluskannya. Gunakan blender atau food processor untuk menghaluskan ikan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit es batu agar ikan tidak mudah hangus dan teksturnya tetap kenyal.

3. Campurkan Semua Bahan

Selanjutnya, campurkan ikan yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Aduk semua bahan tersebut sampai rata.

4. Tambahkan Putih Telur Ayam

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, kita bisa menambahkan putih telur ayam yang sudah dipisahkan dari kuningnya. Aduk kembali semua bahan tersebut sampai rata dan teksturnya sedikit lembek.

5. Bentuk Adonan Menjadi Pempek Telur

Sekarang, kita bisa mulai membentuk adonan menjadi pempek telur. Ambil beberapa sendok adonan dan beri telur ayam di atasnya. Bulatkan adonan hingga menutup telur dan bentuk sesuai selera. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

6. Goreng Pempek Telur

Setelah semua adonan selesai dibentuk, kita bisa mulai menggoreng pempek telur. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng pempek telur hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Apa Bedanya Pempek Telur dengan Pempek Biasa?

Pempek telur memiliki bahan tambahan berupa putih telur ayam yang diletakkan di atas adonan pempek sebelum dibentuk. Selain itu, pempek telur juga biasanya lebih besar dan tebal dibandingkan dengan pempek biasa.

2. Apa yang Harus Dilakukan Agar Pempek Tidak Pecah Saat Digoreng?

Pempek dapat pecah saat digoreng jika adonannya terlalu lembek atau tidak padat. Untuk menghindari pempek pecah, pastikan adonan sudah cukup kalis dan cukup diremas sebelum dibentuk menjadi pempek.

3. Bahan-Bahan Apa yang Dapat Ditambahkan ke Adonan Pempek Telur?

Beberapa bahan yang dapat ditambahkan ke adonan pempek telur antara lain daun bawang cincang, udang cincang, atau tepung beras untuk membuat pempek lenjer.

4. Apakah Pempek Telur Bisa Disimpan di Freezer?

Ya, pempek telur dapat disimpan di freezer untuk dikonsumsi di kemudian hari. Cukup letakkan pempek dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer hingga diperlukan.

5. Apa Saja Bahan yang Dapat Digunakan untuk Saus Pempek?

Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat saus pempek antara lain cuka, gula merah, bawang putih, garam, dan cabai.

Penutup

Nah, itu dia cara membuat pempek telur yang mudah dan praktis untuk Kawan Mastah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa membuat pempek telur yang enak dan kenyal di rumah sendiri. Selamat mencoba!

Cara Membuat Pempek Telur untuk Kawan Mastah