Cara Membuat Siomay Biasa

Halo kawan mastah, siapa yang suka makan siomay? Siomay memang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di Indonesia. Jika selama ini kamu hanya membeli siomay di luar, kali ini kita akan belajar cara membuat siomay biasa sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat siomay, pastikan kamu telah menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Daging ikan tenggiri
250 gram
Tapioka tepung
100 gram
Telur
1 butir
Bawang putih
2 siung
Bawang bombay
1/4 buah
Daun bawang
1 batang
Lada bubuk
1/4 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
1/2 sendok teh
Air
150 ml

Pastikan kamu memilih bahan-bahan dengan kualitas yang baik agar siomay yang dihasilkan pun enak.

Cara Membuat Siomay Biasa

1. Siapkan daging ikan dan bahan tambahan lainnya

Bersihkan daging ikan tenggiri dengan menggunakan air dan potong dadu kecil-kecil. Iris bawang putih dan bawang bombay serta daun bawang.

2. Campurkan semua bahan menjadi satu

Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dipotong dadu dengan tapioka tepung, telur, bawang putih teriris, bawang bombay teriris, daun bawang teriris, lada bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk rata.

3. Tambahkan air secukupnya

Tuangkan air ke dalam adonan daging dan bahan lainnya secara perlahan sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu cair atau terlalu padat.

4. Siapkan kukusan

Siapkan kukusan dan panaskan air hingga mendidih. Letakkan adonan siomay dalam cetakan siomay atau daun pisang yang sudah dengan dibentuk lalu kukus selama kurang lebih 20 menit. Jangan lupa untuk membungkus adonan siomai dalam cetakan atau daun pisang.

5. Siomay siap dihidangkan

Jika siomay telah matang, angkat dan biarkan hingga agak dingin. Siomay siap dihidangkan dengan bumbu kacang, kecap, dan air jeruk nipis.

Bumbu Kacang

1. Siapkan bahan-bahannya

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kacang tanah goreng
100 gram
Cabe merah keriting
3 buah
Bawang putih
2 siung
Gula merah
50 gram
Garam
1 sendok teh
Air
100 ml

2. Haluskan bahan-bahan

Goreng kacang tanah hingga matang, kemudian haluskan bersama dengan cabe merah keriting, bawang putih, gula merah, dan garam menggunakan blender atau food processor. Tambahkan air secukupnya hingga bumbu kacang memiliki konsistensi yang pas.

3. Bumbu kacang siap digunakan

Sajikan bumbu kacang bersama dengan siomay yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng untuk memberi kesan gurih.

FAQ

Apa saja jenis ikan yang dapat digunakan untuk membuat siomay?

Dalam membuat siomay, kamu dapat menggunakan berbagai jenis ikan. Beberapa jenis ikan yang biasa digunakan di antaranya adalah ikan tenggiri, ikan tuna, ikan kakap, atau ikan bandeng.

Apakah siomay bisa disimpan dalam freezer?

Ya, siomay bisa disimpan dalam freezer selama kurang lebih 2-3 bulan. Sebelum disimpan, pastikan siomay sudah dingin dan dibungkus dengan kemasan plastik atau aluminium foil supaya tidak tercampur dengan bau-bauan lain di dalam freezer.

Bagaimana cara menghidangkan siomay agar lebih menarik?

Kamu bisa mencoba menghidangkan siomay dengan mengatur tata letaknya di piring. Taruh siomay di piring lalu kelilingi dengan sayuran seperti wortel atau kubis merah. Taburi dengan bawang goreng. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan saus sambal atau bawang putih goreng sebagai pelengkap.

Apakah siomay berbahaya untuk kesehatan?

Siomay sebenarnya termasuk makanan sehat dan bergizi karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, kamu perlu memperhatikan jumlah garam dan penggunaan minyak goreng dalam proses pembuatannya agar kandungan kalori dan sodiumnya tidak berlebihan. Sebaiknya, hindari mengonsumsi siomay terlalu banyak.

Berapa banyak siomay yang bisa dihasilkan dari resep ini?

Dari resep ini, kamu dapat menghasilkan sekitar 20-25 buah siomay ukuran sedang.

Apakah siomay bisa digoreng?

Ya, siomay juga bisa digoreng terlebih dahulu sebelum dikukus agar memiliki tekstur yang lebih krispi. Namun, proses penggorengan perlu dilakukan dengan hati-hati agar siomay tidak gosong atau terlalu matang di luar dan tidak matang di dalam.

Cara Membuat Siomay Biasa