Cara Bikin Bubur Kacang Ijo yang Enak dan Sehat

Halo Kawan Mastah! Apa kabar hari ini? Kalau sedang mencari resep bubur kacang ijo yang enak dan sehat, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat bubur kacang ijo yang lezat dan menyehatkan. Simak terus ya!

1. Apa Itu Bubur Kacang Ijo?

Bagi sebagian Kawan Mastah yang belum mengenal bubur kacang ijo, ini adalah olahan makanan yang berasal dari Indonesia. Bubur kacang ijo dibuat dari biji kacang hijau yang diolah menjadi bubur dengan tambahan santan dan gula. Biasanya, bubur kacang ijo disajikan dengan topping kelapa parut dan bubuk kacang tanah, sehingga rasanya semakin nikmat.

1.1. Kenapa Harus Memilih Bubur Kacang Ijo?

Banyak alasan mengapa bubur kacang ijo sebaiknya menjadi pilihan kamu dalam menyantap makanan. Pertama, bubur kacang ijo mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan protein dan vitamin B kompleks pada biji kacang hijau juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

1.2. Bagaimana Memilih Biji Kacang Ijo yang Baik?

Agar mendapatkan hasil bubur kacang ijo yang lezat dan enak, memilih biji kacang hijau yang berkualitas menjadi hal yang penting. Kawan Mastah bisa memilih biji kacang hijau yang bersih, kering, dan tidak bercampur dengan biji-biji lain atau kerikil. Pastikan juga biji kacang hijau yang kamu pilih sudah matang sempurna dan tidak mengkerut.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak bubur kacang ijo, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Biji kacang hijau
250 gram
Gula kelapa
150 gram
Santan kental
400 ml
Garam
sejumput
Air matang
1000 ml

2.1. Bahan-bahan Pengganti

Jika tidak menemukan gula kelapa, Kawan Mastah bisa menggantinya dengan gula pasir. Selain itu, jika tidak suka menggunakan santan, kamu bisa menggantinya dengan susu almond atau susu kedelai.

3. Cara Membuat Bubur Kacang Ijo

3.1. Tahap Pertama

Cuci bersih biji kacang hijau dan rendam dalam air selama 30 menit. Kemudian, tiriskan biji kacang hijau dan masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air matang sebanyak 1000 ml. Masak biji kacang hijau dengan api sedang selama sekitar 30-40 menit hingga empuk.

3.2. Tahap Kedua

Setelah biji kacang hijau empuk, tambahkan gula kelapa, santan, dan garam ke dalam panci. Aduk merata dan masak kembali dengan api kecil selama sekitar 20-30 menit hingga bubur mengental dan bahan-bahan tercampur sempurna.

3.3. Tahap Ketiga

Tuang bubur kacang ijo yang sudah matang ke dalam mangkuk saji. Taburi topping kelapa parut dan bubuk kacang tanah di atasnya. Bubur kacang ijo siap disajikan dan dinikmati.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1. Bisa Saja Menggunakan Kacang Hijau Instan?

Bisa, namun rasanya tidak seauthentik kacang hijau yang masih segar. Selain itu, kacang hijau instan mengandung bahan pengawet dan pewarna yang tidak baik untuk tubuh kita.

4.2. Bolehkah Menambahkan Buah-Buahan sebagai Topping?

Tentu saja. Kamu bisa menambahkan potongan alpukat, pisang, atau mangga sebagai topping bubur kacang ijo. Hal ini akan menambah nutrisi dan membuat rasanya semakin nikmat.

4.3. Berapa Lama Bubur Kacang Ijo Bisa Disimpan di Kulkas?

Bubur kacang ijo yang sudah dimasak bisa disimpan di kulkas selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya dimakan segera untuk mendapatkan rasa yang maksimal dan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Itulah beberapa informasi tentang cara membuat bubur kacang ijo yang enak dan sehat. Semoga bermanfaat ya, Kawan Mastah. Selamat mencoba!

Cara Bikin Bubur Kacang Ijo yang Enak dan Sehat