Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Halo kawan mastah! Seringkali kita merasa kesal karena komputer atau laptop kita tiba-tiba ter-update dengan sendirinya tanpa kita ketahui sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya fitur auto update pada Windows 10 yang secara otomatis terhubung ke server Microsoft untuk mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru tanpa izin dari pengguna. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan cara mematikan auto update pada Windows 10 dan menghindari kejadian tersebut. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Auto Update Windows 10?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mematikan auto update pada Windows 10, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu auto update. Auto update adalah sebuah fitur pada Windows 10 yang memungkinkan sistem operasi untuk secara otomatis mendeteksi dan mengunduh update terbaru dari server Microsoft. Update tersebut dapat berupa pembaruan sistem, driver, atau aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat yang kita gunakan.

Fitur ini memang sangat memudahkan pengguna dalam memperbaharui sistem pada perangkat mereka tanpa harus repot-repot mencari dan mengunduh file update secara manual. Namun, kadang kala pengguna merasa kesal karena update tersebut dapat terjadi tanpa izin dari pengguna dan mengakibatkan gangguan pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Kenapa Harus Mematikan Auto Update Windows 10?

Sebagai pengguna Windows, mematikan auto update pada Windows 10 memang merupakan pilihan yang cukup menarik bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan fitur auto update dapat menghabiskan kuota internet kita karena adanya pengunduhan file update yang secara otomatis terjadi pada komputer atau laptop kita.

Selain itu, jika kita sedang melakukan pekerjaan yang cukup penting pada komputer atau laptop kita dan tiba-tiba terjadi update, maka pekerjaan yang sedang dilakukan bisa terganggu atau bahkan hilang karena mungkin kita belum sempat menyimpan data yang kita kerjakan.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Berikut ini adalah cara mematikan auto update pada Windows 10:

No.
Cara Mematikan Auto Update
1
Menggunakan Group Policy Editor
2
Menggunakan Command Prompt
3
Menggunakan Windows Update Service

1. Menggunakan Group Policy Editor

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Group Policy Editor dengan mengetikan “gpedit.msc” pada pencarian di menu Start.
  2. Pilih Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
  3. Pada jendela sebelah kanan, klik dua kali pada “Configure Automatic Updates”.
  4. Pilih opsi “Disabled” dan klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, auto update pada Windows 10 akan otomatis dimatikan.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda tidak memiliki Group Policy Editor, Anda tetap dapat mematikan auto update pada Windows 10 dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
  2. Ketikkan perintah “net stop wuauserv” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Perintah tersebut akan menghentikan Windows Update Service.
  4. Jika ingin mengaktifkan kembali auto update, ketikkan perintah “net start wuauserv” dan tekan Enter.

3. Menggunakan Windows Update Service

Alternatif lain untuk mematikan auto update pada Windows 10 adalah dengan menggunakan Windows Update Service. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Start dan ketik “Services” pada kolom pencarian.
  2. Pilih “Services” dari hasil pencarian dan cari “Windows Update” pada daftar layanan.
  3. Klik dua kali pada “Windows Update” dan pilih opsi “Disabled” pada menu drop-down “Startup Type”.
  4. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, auto update pada Windows 10 akan dimatikan dan tidak akan terjadi pengunduhan file update secara otomatis.

FAQ (Frequently Asked Questions) Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara mematikan auto update pada Windows 10:

1. Bagaimana cara mengetahui bahwa auto update telah dimatikan pada Windows 10?

Untuk mengetahui bahwa auto update telah dimatikan pada Windows 10, Anda bisa membuka “Windows Update” pada “Settings”. Jika auto update telah dimatikan, maka akan muncul tulisan “You’re not up to date” pada bagian “Update status”. Namun, pastikan bahwa Anda tetap mengupdate sistem secara manual untuk menghindari adanya celah keamanan pada sistem yang digunakan.

2. Apakah tindakan mematikan auto update pada Windows 10 dapat menimbulkan masalah pada sistem?

Mematikan auto update pada Windows 10 sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah pada sistem. Namun, pastikan bahwa Anda tetap mengupdate sistem secara manual untuk menghindari adanya celah keamanan pada sistem yang digunakan.

3. Bagaimana cara mematikan auto update pada Windows 10 Home?

Cara mematikan auto update pada Windows 10 Home sebenarnya sama dengan cara pada Windows 10 Pro yaitu dengan menggunakan Group Policy Editor. Namun, jika Anda tidak memiliki Group Policy Editor, Anda bisa menggunakan Command Prompt atau Windows Update Service untuk mematikan auto update pada Windows 10 Home.

4. Apakah auto update pada Windows 10 dapat dimatikan secara permanen?

Tidak, auto update pada Windows 10 tidak dapat dimatikan secara permanen. Fitur ini dikonfigurasi secara otomatis dan akan aktif kembali setelah beberapa waktu. Namun, Anda tetap dapat mematikan auto update secara berkala untuk menghindari terjadi pengunduhan file update secara otomatis.

5. Apakah auto update pada Windows 10 dapat mempengaruhi performa sistem?

Jika auto update pada Windows 10 sering terjadi, maka dapat mempengaruhi performa sistem karena adanya pengunduhan file update yang terus menerus pada komputer atau laptop kita. Namun, jika auto update diatur dengan baik, maka tidak akan berpengaruh pada performa sistem.

Kesimpulan

Demikianlah cara mematikan auto update pada Windows 10 yang dapat Anda terapkan untuk menghindari terjadinya pengunduhan file update secara otomatis pada komputer atau laptop Anda. Namun, perlu diingat bahwa tetap mengupdate sistem secara manual sangat disarankan untuk menghindari adanya celah keamanan pada sistem yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kawan mastah dalam mengatasi masalah auto update pada Windows 10. Terima kasih!

Cara Mematikan Auto Update Windows 10