Cara Membuat Sostel untuk Kawan Mastah

Halo, kawan Mastah! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sostel. Sostel adalah singkatan dari soto telur. Soto telur sendiri merupakan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan. Hidangan ini sangat cocok bagi kawan Mastah yang ingin mengisi perut sebelum memulai aktivitas pagi. Yuk, simak cara membuat sostel berikut ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sostel, pastikan terlebih dahulu jika kawan Mastah sudah menyiapkan semua bahan-bahannya. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kaldu ayam
2 sachet
Air
1 liter
Daun salam
2 lembar
Ketumbar bubuk
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya
Telur ayam
4 butir
Jagung manis
1 cobek
Wortel
1 buah
Kentang
2 buah
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
3 buah
Cabe rawit
3 buah
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Sostel

1. Membuat Kaldu Ayam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kaldu ayam. Caranya yaitu dengan merebus air, kaldu ayam, daun salam, ketumbar bubuk, garam, dan lada bubuk. Rebus hingga mendidih dan beraroma. Setelah itu, angkat dan saring. Sisihkan kaldu ayam tersebut.

2. Membuat Bumbu Halus

Setelah kaldu ayam selesai dibuat, selanjutnya kawan Mastah bisa membuat bumbu halus terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menumbuk bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Tumbuk hingga halus.

3. Menggoreng Telur

Selanjutnya, kawan Mastah bisa menggoreng telur. Caranya yaitu dengan memasukkan telur ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan minyak goreng. Goreng hingga matang dan angkat. Potong-potong telur menjadi beberapa bagian.

4. Menyiapkan Sayuran dan Jagung

Setelah itu, kawan Mastah bisa menyiapkan sayuran dan jagung. Caranya yaitu dengan memotong jagung menjadi beberapa part. Selanjutnya, potong wortel dan kentang sesuai dengan selera dan keinginan kawan Mastah.

5. Menumis Bumbu Halus

Setelah semua bahan selesai dipersiapkan, selanjutnya kawan Mastah bisa menumis bumbu halus yang sudah dibuat sebelumnya. Tumis hingga harum dan masukkan sayuran yang sudah dipotong. Aduk hingga rata.

6. Membuat Sostel

Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya kawan Mastah bisa membuat sostel. Caranya yaitu dengan menuangkan kaldu ayam ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tambahkan telur yang sudah dipotong-potong dan juga tumisan sayuran. Aduk hingga rata. Sajikan dengan jagung manis.

FAQ

Apa itu sostel?

Sostel adalah singkatan dari soto telur. Hidangan ini terdiri dari kaldu ayam, telur, dan sayuran.

Bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sostel?

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat sostel antara lain kaldu ayam, air, daun salam, ketumbar bubuk, garam, lada bubuk, telur ayam, jagung manis, wortel, kentang, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat kaldu ayam?

Cara membuat kaldu ayam yaitu dengan merebus air, kaldu ayam, daun salam, ketumbar bubuk, garam, dan lada bubuk. Rebus hingga mendidih dan beraroma. Setelah itu, angkat dan saring.

Apakah sostel cocok untuk sarapan?

Ya, sostel sangat cocok untuk sarapan karena dapat mengisi perut kawan Mastah sebelum memulai aktivitas pagi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sostel?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sostel adalah sekitar 1 jam.

Cara Membuat Sostel untuk Kawan Mastah