Cara Membuat Nastar Nanas yang Enak dan Lembut

Hello Kawan Mastah, apakah kamu pernah merasakan nastar nanas yang enak dan lembut? Jika belum, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang akan aku bagikan ini. Nastar nanas yang enak dan lembut ini akan menjadi camilan yang pas untuk menemani waktu santai kamu. Yuk simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses membuat nastar nanas yang enak dan lembut, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan A
Bahan B
Bahan C
Bahan D
250 gram mentega
250 gram tepung maizena
2 butir kuning telur
100 gram gula halus
100 gram gula halus
250 gram tepung terigu
1 sendok teh vanili bubuk
2 sendok makan susu bubuk
100 gram keju cheddar parut
1 butir telur
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
200 gram nanas parut
1 sendok makan air jeruk nipis

Langkah-langkah Membuat Nastar Nanas yang Enak dan Lembut

1. Membuat Adonan Nanas

Langkah pertama adalah membuat adonan nanas. Campurkan nanas parut dan air jeruk nipis dalam wadah, aduk hingga merata. Tambahkan 50 gram gula halus, aduk kembali hingga gula larut dan campuran terlihat kenyal.

Setelah itu, masukkan campuran nanas ke dalam kulkas selama minimal 30 menit. Sambil menunggu, kamu bisa membuat adonan nastar.

2. Membuat Adonan Nastar

Pertama-tama, mixer mentega dan 50 gram gula halus hingga lembut dan berwarna pucat. Tambahkan kuning telur dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Setelah itu, campurkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, vanili bubuk, baking powder, dan garam ke dalam campuran mentega sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. Tambahkan keju parut dan adonan nanas yang sudah disiapkan tadi, aduk kembali hingga tercampur rata.

Masukkan adonan nastar ke dalam plastik segitiga dan potong sedikit di ujung plastik. Semprotkan adonan nastar di atas loyang yang sudah diolesi sedikit mentega atau kertas roti. Panggang dalam oven pada suhu 150 derajat Celsius selama sekitar 20 menit atau hingga nastar berwarna kekuningan.

3. Menyiapkan Selai Nanas

Dalam wajan, masukkan nanas yang sudah diparut dan 50 gram gula halus. Aduk dengan api kecil hingga nanas terlihat lebih lembut dan gula terlihat larut dan kental. Setelah itu, matikan api dan biarkan selai nanas dingin.

4. Menyelesaikan Nastar Nanas

Ambil satu buah nastar dan beri selai nanas secukupnya di atasnya. Tutup dengan satu buah nastar lagi di atasnya. Ulangi proses ini hingga semua nastar sudah berisi selai nanas. Kamu bisa menyajikan nastar nanas yang enak dan lembut untuk teman ngopi atau sebagai camilan manis di waktu luang.

FAQ

1. Tepung apa saja yang bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu?

Kamu bisa menggunakan tepung jagung, tepung beras, atau tepung ketan sebagai pengganti tepung terigu dalam resep ini. Namun, pastikan kamu menyesuaikan takaran yang diperlukan untuk setiap jenis tepung.

2. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam adonan nastar?

Kamu bisa menambahkan bahan seperti kismis, kacang mede, atau kelapa parut ke dalam adonan nastar untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda. Namun, pastikan kamu menyesuaikan takaran agar tidak mengubah tekstur dan rasa nastar secara keseluruhan.

3. Apakah nastar nanas dapat disimpan dalam waktu lama?

Ya, kamu bisa menyimpan nastar nanas dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama sekitar 1 minggu atau di dalam freezer selama sekitar 1 bulan. Pastikan kamu menyimpannya dalam wadah yang kedap udara agar rasa dan tekstur nastar tetap terjaga.

Cara Membuat Nastar Nanas yang Enak dan Lembut