Cara Bikin Orek Tempe

Hello Kawan Mastah! Siapa di sini yang suka makan orek tempe? Orek tempe merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Orek tempe bisa disajikan sebagai lauk, camilan, atau teman makan nasi. Di sini, kita akan belajar cara bikin orek tempe yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak orek tempe, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Bawang putih
2 siung
Bawang merah
3 siung
Cabe merah
3 buah
Gula pasir
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Kecap manis
1 sendok makan
Air
100 ml
Minyak goreng
2 sendok makan

Pastikan bahan-bahan sudah disiapkan dengan benar sebelum memasak orek tempe

Cara Membuat Orek Tempe

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat orek tempe:

1. Potong tempe menjadi kotak-kotak kecil

Anda bisa memotong tempe menjadi kotak-kotak kecil sesuai dengan selera. Pastikan potongan tempe merata dan tidak terlalu besar agar mudah dimasak.

2. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah

Untuk membuat bumbu orek tempe, haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah. Anda bisa menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut.

3. Tumis bumbu hingga harum

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, dan kecap manis. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna.

4. Masukkan potongan tempe

Setelah bumbu sudah tercampur sempurna, masukkan potongan tempe ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata pada tempe. Tambahkan air dan aduk kembali. Tunggu hingga air menyusut dan bumbu meresap pada tempe.

5. Orek tempe siap disajikan

Setelah air menyusut dan bumbu meresap pada tempe, angkat wajan dari kompor. Orek tempe siap disajikan sebagai lauk atau camilan.

Tips Membuat Orek Tempe yang Enak

Agar orek tempe yang Anda buat menjadi lebih enak dan lezat, berikut adalah tips-tips yang bisa Anda coba:

1. Gunakan tempe yang segar

Untuk mendapatkan orek tempe yang enak, gunakan tempe yang masih segar. Tempe yang sudah lama bisa membuat rasa orek tempe menjadi hambar dan kurang enak di lidah.

2. Gunakan cabe merah keriting

Untuk membuat orek tempe lebih pedas dan berwarna merah cerah, gunakan cabe merah keriting. Cabe merah ini memiliki rasa yang lebih manis dan tidak terlalu pedas jika dibandingkan dengan jenis cabe lainnya.

3. Tambahkan sedikit air jeruk nipis

Jika Anda ingin memberikan sedikit rasa asam pada orek tempe, tambahkan sedikit air jeruk nipis pada bumbu orek.

4. Tambahkan daun bawang atau daun seledri

Untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar pada orek tempe, tambahkan daun bawang atau daun seledri yang sudah diiris tipis.

FAQ

1. Apa yang membuat orek tempe kurang enak?

Banyak faktor yang membuat orek tempe kurang enak, di antaranya adalah menggunakan tempe yang sudah tidak segar, bumbu yang kurang tercampur sempurna, atau terlalu banyak air yang tidak diserap oleh tempe.

2. Apakah orek tempe cocok dijadikan camilan?

Tentu saja! Orek tempe bisa dijadikan camilan yang enak dan sehat. Karena tempe mengandung banyak protein dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Bolehkah mengganti kecap manis dengan kecap asin?

Bisa, namun rasanya akan berbeda dengan orek tempe yang biasanya. Kecap manis memberikan rasa manis pada orek tempe, sedangkan kecap asin memberikan rasa gurih.

4. Apakah orek tempe bisa disimpan dalam kulkas?

Tentu saja. Orek tempe bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Pastikan orek tempe sudah dingin sebelum disimpan dalam kulkas dan dalam wadah tertutup rapat.

5. Apakah orek tempe bisa dibuat tanpa minyak goreng?

Tentu saja. Anda bisa menggoreng tempe tanpa minyak goreng dengan menggunakan oven atau air fryer. Namun, rasanya akan berbeda dengan orek tempe yang digoreng dengan minyak goreng.

Sekian kawan Mastah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat orek tempe sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati orek tempe yang Anda buat sendiri!

Cara Bikin Orek Tempe