Cara Bikin Pisang Coklat

Hello Kawan Mastah! Siapa yang tidak suka dengan pisang coklat? Pisang coklat adalah salah satu camilan yang mudah dibuat dan selalu enak untuk dikonsumsi kapan saja. Apalagi, cara membuatnya sangat sederhana dan praktis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara bikin pisang coklat yang lezat dan menggugah selera. Siap untuk mencobanya? Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pisang coklat, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Pisang
4 buah
Cokelat batangan
100 gram
Tepung terigu
100 gram
Telur
1 butir
Susu cair
100 ml
Gula pasir
50 gram
Garam
1/4 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan tersebut sebelum memulai pembuatan pisang coklat. Selanjutnya, mari kita mulai proses pembuatannya.

Cara Bikin Pisang Coklat

1. Siapkan Pisang

Pertama-tama, kamu perlu mempersiapkan pisang yang akan digunakan untuk membuat pisang coklat. Pisang yang digunakan sebaiknya sudah cukup matang, tetapi tidak terlalu lembek. Kupas kulit pisang dan iris pisang dengan ukuran sekitar 1 cm.

2. Lelehkan Cokelat

Selanjutnya, lelehkan cokelat batangan di dalam panci dengan api kecil. Aduk cokelat secara terus-menerus hingga cokelat benar-benar meleleh. Setelah itu, matikan panci dan sisihkan.

3. Buat Adonan Kental

Selanjutnya, buat adonan kental dengan mencampurkan tepung terigu, telur, susu cair, gula pasir, dan garam ke dalam satu wadah. Aduk adonan hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.

4. Siram Pisang dengan Adonan

Setelah adonan telah tercampur dengan baik, masukan irisan pisang ke dalam adonan. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup oleh adonan. Angkat pisang dari adonan dan tiriskan.

5. Goreng Pisang

Panaskan minyak goreng di dalam panci dengan api sedang. Setelah minyak goreng panas, masukan pisang ke dalam panci dan goreng hingga warna pisang menjadi kecoklatan. Angkat pisang dan tiriskan minyak di atas kertas tisu.

6. Lumuri Pisang dengan Cokelat

Terakhir, lumuri pisang yang sudah digoreng dengan cokelat yang telah dilelehkan sebelumnya. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup oleh cokelat. Setelah itu, kamu bisa menyajikan pisang coklat dan menikmatinya bersama teman dan keluarga.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah pisang coklat sehat?

Secara umum, pisang coklat tidak dianggap sebagai makanan yang sehat karena mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi. Namun, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, maka tidak akan berdampak buruk pada tubuh.

2. Bisakah menggunakan cokelat bubuk untuk membuat pisang coklat?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mencampurkan cokelat bubuk dengan susu cair atau air untuk membuat adonan cokelat yang akan digunakan untuk melumuri pisang.

3. Bisakah menggunakan pisang yang sudah sangat matang untuk membuat pisang coklat?

Tidak disarankan. Pisang yang sudah sangat matang akan menjadi terlalu lembek dan akan sulit dipotong. Sementara itu, jika pisang terlalu mentah, maka kandungan gizinya belum terbentuk dengan baik.

4. Bagaimana menyimpan pisang coklat yang sudah jadi?

Pisang coklat bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat atau diolah kembali sebelum disajikan kembali.

5. Bisakah menggunakan pisang kepok untuk membuat pisang coklat?

Bisa. Pisang kepok dapat digunakan untuk membuat pisang coklat dengan hasil yang lezat. Namun, perlu diingat bahwa pisang kepok cenderung lebih manis dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

Nah, itulah cara bikin pisang coklat yang mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Cara Bikin Pisang Coklat