Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Halo Kawan Mastah, apa kabar? Hari ini, kita akan membahas cara melegakan hidung tersumbat secara alami dan efektif. Hidung tersumbat bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengatasinya. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara-cara melegakan hidung tersumbat.

Penyebab Hidung Tersumbat

Sebelum membahas cara melegakan hidung tersumbat, kita harus mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti:

Penyebab Hidung Tersumbat
Cara Mengatasinya
Flu atau pilek
Minum obat flu atau pilek, istirahat yang cukup, dan minum banyak air putih.
Alergi
Menghindari pemicu alergi dan minum obat alergi sesuai resep dokter.
Polusi udara
Menghindari tempat yang berpolusi dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Jadi, ketahui terlebih dahulu penyebab hidung tersumbat sebelum mencoba cara melegakannya.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

1. Minum Banyak Air Putih

Ketika hidung tersumbat disebabkan oleh dehidrasi, maka minum banyak air putih sangat membantu. Air putih akan membantu melembapkan saluran napas sehingga lendir bisa keluar dengan lebih mudah. Selain itu, air putih juga bisa membantu mengencerkan lendir di hidung.

2. Gunakan Pelembap Udara

Jika hidung tersumbat disebabkan oleh udara yang terlalu kering, maka menggunakan pelembap udara sangat disarankan. Pelembap udara akan membantu melembapkan udara di sekitar kita sehingga lendir di hidung tidak mengering dan menyumbat saluran napas.

3. Mandi Air Hangat

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mandi air hangat. Uap air hangat akan membantu membuka saluran napas dan membantu lendir keluar dari hidung. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membantu melembutkan lendir di hidung sehingga bisa keluar dengan lebih mudah.

4. Gunakan Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, dan lavender bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Caranya, teteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air panas dan hirup uapnya. Atau, bisa juga dengan meneteskan beberapa tetes minyak esensial pada tisu dan diletakkan di sekitar hidung saat tidur.

5. Jangan Menghisap Asap Rokok

Bagi perokok, menghisap rokok hanyalah akan memperparah hidung tersumbat. Jadi, jika ingin melegakan hidung tersumbat, maka jangan menghisap asap rokok.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika hidung tersumbat tidak kunjung sembuh?

Jika hidung tersumbat tidak menghilang dalam waktu 1-2 minggu dan disertai dengan demam dan sakit kepala, segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini bisa jadi tanda dari infeksi sinus yang memerlukan perawatan medis.

2. Apakah minum susu bisa memperparah hidung tersumbat?

Susu bisa meningkatkan produksi lendir di hidung dan membuat hidung lebih tersumbat. Jadi, hindari minum susu saat hidung tersumbat.

3. Apakah hidung tersumbat bisa menyebabkan sakit kepala?

Ya, hidung tersumbat bisa menyebabkan sakit kepala karena tekanan di dalam kepala yang meningkat akibat saluran napas yang tersumbat.

4. Bagaimana cara mencegah hidung tersumbat?

Cara mencegah hidung tersumbat antara lain dengan menjaga kebersihan tangan, menghindari pemicu alergi, dan menghindari polusi udara.

5. Apa yang harus dilakukan jika hidung tersumbat disertai dengan batuk?

Jika hidung tersumbat disertai dengan batuk, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini bisa jadi tanda dari infeksi saluran pernafasan yang memerlukan perawatan medis.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat