Cara Membuat Kue Sarang Semut: Resep dan Tips

Hello Kawan Mastah! Kue sarang semut memang menjadi salah satu camilan yang sangat digemari di Indonesia. Dari anak-anak hingga dewasa, pasti tak ada yang menolak rasa gurih dan renyahnya kue yang satu ini. Bagi yang ingin mencoba membuat kue sarang semut di rumah, berikut ini adalah resep dan tips yang bisa kalian ikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue sarang semut, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah siap.

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Maizena
100 gram
Gula pasir
150 gram
Margarin
150 gram
Putih telur
5 butir
Vanili
secukupnya
Garam
secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan di atas. Pastikan semua bahan dalam kondisi baik dan masih segar.

2. Kocok telur

Pisahkan putih telur dari kuning telur, kemudian kocok putih telur menggunakan mixer atau whisker hingga mengembang dan berbuih. Tambahkan sedikit garam pada putih telur saat dikocok agar lebih mudah mengembang.

3. Campurkan bahan kering

Campurkan tepung terigu, maizena, dan gula pasir dalam wadah yang berbeda. Aduk rata dan saring agar tidak ada gumpalan-gumpalan. Tambahkan vanili secukupnya untuk memberi aroma pada kue.

4. Campurkan margarin

Campurkan margarin dengan campuran tepung terigu, maizena, dan gula pasir. Aduk rata hingga tercampur sempurna dan terlihat seperti krumble.

5. Campurkan putih telur

Campurkan putih telur yang telah dikocok dengan campuran tepung terigu, maizena, gula pasir, dan margarin tadi. Aduk rata menggunakan spatula hingga tercampur sempurna dan adonan terlihat lembut.

6. Bentuk adonan

Ambil sedikit adonan dengan sendok dan bentuk bulat-bulat kecil. Letakkan di atas loyang yang telah dilapisi kertas baking. Pastikan jarak antar adonan cukup agar tidak menempel saat dipanggang.

7. Panggang kue

Panaskan oven suhu 150 derajat Celsius. Panggang kue selama 35-40 menit atau hingga kue berwarna kecoklatan dan terlihat renyah. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin.

Tips Tambahan

1. Gunakan tepung terigu protein rendah

Untuk membuat kue sarang semut yang empuk dan renyah, disarankan menggunakan tepung terigu protein rendah atau tepung protein sedang.

2. Tambahkan bahan lain untuk variasi rasa

Selain vanili, kalian bisa menambahkan cokelat bubuk, matcha powder, atau bubuk kayu manis untuk memberi variasi rasa pada kue sarang semut.

3. Simpan kue dengan benar

Setelah dingin, simpan kue sarang semut dalam wadah kedap udara atau toples dengan tutup rapat agar tetap renyah dan tidak mudah basi.

FAQ

1. Berapa lama kue sarang semut bisa disimpan?

Kue sarang semut dapat disimpan selama 3-4 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara atau toples yang tertutup rapat. Namun, untuk menjaga kelezatan kue, sebaiknya segera dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari setelah dipanggang.

2. Bisakah menggunakan mentega sebagai pengganti margarin?

Ya, kalian bisa menggunakan mentega sebagai pengganti margarin pada resep kue sarang semut ini. Namun, pastikan mentega yang digunakan memiliki kadar lemak yang sama dengan margarin agar kualitas kue tetap terjaga.

3. Apa fungsi maizena dalam resep kue sarang semut?

Maizena berfungsi sebagai pengembang dan pengikat pada adonan kue sarang semut. Penggunaan maizena juga dapat membuat kue lebih lembut dan garing.

Cara Membuat Kue Sarang Semut: Resep dan Tips