Contoh Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovovivipar Adalah

Hello Kawan Mastah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Ovovivipar adalah suatu jenis reproduksi pada hewan yang telurnya menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk bayi.

1. Ikan Hiu

Ikan hiu adalah salah satu contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Hiu betina akan menelurkan telur-telurnya dalam tubuhnya dan telur tersebut akan menetas menjadi bayi hiu yang kemudian dilahirkan.

Proses ovovivipar pada ikan hiu ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2-3 tahun sebelum telur menjadi bayi hiu yang siap untuk dilahirkan.

Beberapa jenis hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah hiu martil, hiu gergaji, dan hiu bambu.

Berikut adalah tabel tentang jenis-jenis ikan hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar:

Nama
Jenis
Waktu Inkubasi (tahun)
Hiu Martil
Carcharhinus leucas
1.5 – 2
Hiu Gergaji
Pristis pectinata
2 – 3
Hiu Bambu
Chiloscyllium punctatum
1 – 1.5

Frequently Asked Questions

Apa yang dimaksud dengan ovovivipar?

Ovovivipar adalah suatu jenis reproduksi pada hewan yang telurnya menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk bayi.

Apa perbedaan ovovivipar dengan vivipar?

Perbedaan antara ovovivipar dan vivipar adalah pada vivipar, bayi yang dilahirkan sudah dalam bentuk embrio atau janin yang sudah berkembang, sedangkan pada ovovivipar, bayi yang dilahirkan masih dalam bentuk telur yang telah menetas dalam tubuh induknya.

Apa contoh hewan lain yang berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Beberapa contoh hewan lain yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ular, kadal, dan beberapa jenis ikan air tawar seperti ikan belida dan ikan sidat.

2. Ular

Banyak spesies ular yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu telur-telur yang menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk bayi ular.

Berikut adalah tabel tentang beberapa spesies ular yang berkembang biak dengan cara ovovivipar:

Nama Ular
Spesies
Lama Kehamilan (bulan)
Ular Kobra
Naja naja
6 – 8
Ular Beludak
Oxyuranus scutellatus
5 – 6
Ular Sanca
Python reticulatus
6 – 7

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis ular berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, ada jenis ular lain yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan juga ada jenis ular yang berkembang biak dengan cara vivipar.

Apa saja contoh hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar?

Beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar adalah mamalia seperti manusia, kucing, dan anjing.

3. Kadal

Kadal juga termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Proses ovovivipar pada kadal ini mirip dengan ikan hiu, dimana telur-telur menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan.

Beberapa jenis kadal yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah kadal air, kadal monitor, dan kadal hijau.

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis kadal berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, ada jenis kadal lain yang berkembang biak dengan cara bertelur dan juga ada jenis kadal yang berkembang biak dengan cara vivipar.

4. Ikan Belida

Ikan belida adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur ikan belida menetas dalam tubuh induknya dan bayi ikan belida kemudian dilahirkan dalam bentuk telur yang sudah menetas.

Proses ovovivipar pada ikan belida ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 bulan sebelum telur menetas dan bayi ikan belida dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apa keuntungan dan kerugian dari ovovivipar pada ikan belida?

Keuntungan ovovivipar pada ikan belida adalah bayi ikan belida yang dilahirkan sudah lebih kuat dan lebih siap untuk bertahan hidup karena telah berkembang secara sempurna dalam tubuh induknya. Sedangkan kerugian ovovivipar pada ikan belida adalah jumlah bayi ikan yang dilahirkan cenderung lebih sedikit daripada ikan yang berkembang biak dengan cara bertelur.

5. Ikan Sidat

Ikan sidat adalah jenis ikan air tawar lainnya yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur ikan sidat menetas dalam tubuh induknya dan bayi ikan sidat kemudian dilahirkan dalam bentuk telur yang sudah menetas.

Proses ovovivipar pada ikan sidat biasanya memakan waktu sekitar 2-3 bulan sebelum telur menetas dan bayi ikan sidat dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apakah ikan sidat juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur?

Ya, ikan sidat juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur.

6. Kecoa Madagascar

Kecoa Madagascar adalah salah satu contoh serangga yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur kecoa Madagascar menetas dalam tubuh induknya dan bayi kecoa kemudian dilahirkan dalam bentuk telur yang sudah menetas.

Proses ovovivipar pada kecoa Madagascar memakan waktu sekitar 2-3 bulan sebelum telur menetas dan bayi kecoa dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis kecoa berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, ada jenis kecoa lain yang berkembang biak dengan cara bertelur.

7. Katak

Beberapa jenis katak juga berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu telur-telur yang menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk katak kecil.

Proses ovovivipar pada katak ini biasanya memakan waktu sekitar 1-2 bulan sebelum telur menetas dan bayi katak dilahirkan.

Beberapa jenis katak yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah katak kerbau, katak sawah, dan katak tanduk.

Frequently Asked Questions

Apa saja contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur?

Beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar adalah ayam, burung, kura-kura, dan ular king cobra.

8. Ular Piton

Ular piton adalah jenis ular besar yang terkenal dengan kemampuannya membunuh dan memakan mangsanya secara utuh. Ular piton juga merupakan salah satu contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Telur-telur ular piton menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk ular kecil yang sudah dapat mempertahankan diri.

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis ular piton berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, ada beberapa spesies ular piton yang lebih banyak berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

9. Gurita

Gurita adalah hewan laut yang juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur gurita menetas dalam tubuh induknya dan bayi gurita kemudian dilahirkan dalam bentuk gurita kecil yang sudah dapat berenang.

Proses ovovivipar pada gurita ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 bulan sebelum telur menetas dan bayi gurita dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apakah gurita juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur?

Ya, gurita juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur.

10. Bunglon

Beberapa jenis bunglon juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur bunglon menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk bunglon kecil yang sudah dapat bergerak dan beradaptasi.

Proses ovovivipar pada bunglon biasanya memakan waktu sekitar 1-2 bulan sebelum telur menetas dan bayi bunglon dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apa saja contoh hewan yang berkembang biak dengan cara aseksual?

Beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara aseksual atau tanpa kawin adalah hydra, planaria, dan beberapa jenis udang dan kepiting.

11. Kuda Laut

Kuda laut juga adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur kuda laut menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk kuda laut kecil yang sudah dapat berenang.

Proses ovovivipar pada kuda laut biasanya memakan waktu sekitar 2-3 minggu sebelum telur menetas dan bayi kuda laut dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apakah kuda laut juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur?

Ya, kuda laut juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur.

12. Buaya

Buaya juga termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur buaya menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk anak buaya kecil.

Proses ovovivipar pada buaya ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 bulan sebelum telur menetas dan bayi buaya dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apa yang dimaksud dengan buaya air tawar dan buaya air asin?

Buaya air tawar adalah jenis buaya yang biasa ditemukan di sungai dan danau, sedangkan buaya air asin adalah jenis buaya yang biasa ditemukan di pantai dan laut.

13. Laba-laba

Beberapa jenis laba-laba juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur laba-laba menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk anak laba-laba kecil.

Proses ovovivipar pada laba-laba biasanya memakan waktu sekitar 1-2 bulan sebelum telur menetas dan bayi laba-laba dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis laba-laba berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, ada beberapa jenis laba-laba yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

14. Kepiting

Beberapa jenis kepiting juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur kepiting menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk kepiting kecil yang sudah dapat bergerak dan beradaptasi.

Proses ovovivipar pada kepiting biasanya memakan waktu sekitar 1-2 bulan sebelum telur menetas dan bayi kepiting dilahirkan.

Frequently Asked Questions

Apa saja contoh hewan yang memiliki kemampuan regenerasi?

Beberapa contoh hewan yang memiliki kemampuan regenerasi adalah bintang laut, landak laut, dan beberapa jenis cacing laut.

15. Katak Gigi Tepi

Katak gigi tepi adalah salah satu jenis katak yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur katak gigi tepi menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk katak kecil yang sudah dapat berenang dan beradaptasi.

Frequently Asked Questions

Apakah semua jenis katak berkembang biak dengan cara ovovivipar?

Tidak, hanya beberapa jenis katak saja yang berkembang biak dengan cara ovovivipar.

16. Kadal Air Sungai

Kadal air sungai adalah jenis kadal air yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Telur-telur kadal air sungai menetas dalam tubuh induknya dan kemudian dilahirkan dalam bentuk kadal kecil yang sudah dapat berenang dan beradapt

Contoh Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovovivipar Adalah