Cara Membuat Cendol Dawet untuk Kawan Mastah

Selamat datang kawan Mastah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat cendol dawet. Cendol dawet adalah minuman tradisional Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Minuman ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut yang dicampur dengan es batu. Kita akan mengajarkan kamu cara membuat cendol dawet yang lezat dan segar untuk menghangatkan sore hari. Yuk, simak pembahasannya!

1. Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol dawet yang lezat dan segar:

Bahan
Jumlah
Tepung ketan
250 gram
Gula merah
250 gram
Kelapa parut
200 gram
Daun pandan
2 lembar
Garam
1 sendok teh
Air matang
2 liter
Es batu
Sesuai selera

Setelah menyiapkan semua bahan, mari kita mulai membuat cendol dawet untuk kawan Mastah.

2. Membuat Cendol

Langkah pertama dalam membuat cendol dawet adalah membuat cendolnya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Membuat Adonan Cendol

1. Campurkan tepung ketan dengan air secukupnya hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket.2. Masukkan adonan ke dalam alat pemotong cendol dan potong adonan menjadi ukuran kecil.3. Rebus adonan cendol dalam air mendidih selama 10-15 menit sampai matang dan mengapung. Tambahkan garam pada air rebusan untuk memberikan rasa pada cendol.4. Tiriskan cendol matang dan rendam dalam air es agar tidak lengket.

b. Membuat Saus Gula Merah

1. Rebus gula merah bersama dengan 2 lembar daun pandan dan 500 ml air hingga gula merah larut dan air mengental.2. Tambahkan kelapa parut dan aduk rata.3. Angkat saus gula merah dan saring supaya kelapa parutnya tidak ikut tercampur dalam saus.

3. Menyajikan Cendol Dawet

Setelah membuat cendol dan saus gula merah, langkah selanjutnya adalah menyajikan cendol dawet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Mengatur Porsi Cendol

1. Ambil gelas saji dan beri potongan cendol ke dalamnya.2. Masukkan es batu sesuai selera.3. Tuangkan saus gula merah ke dalam gelas saji.

b. Menyajikan Cendol Dawet

1. Aduk-aduk cendol dawet agar semua bahan tercampur rata.2. Sajikan minuman ini selagi masih segar dan dingin.

FAQ Tentang Cendol Dawet

1. Apa itu Cendol Dawet?

Cendol dawet adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut, yang dicampur dengan es batu.

2. Dapatkah Cendol Dawet Disimpan di Kulkas?

Iya, cendol dawet dapat disimpan di kulkas selama beberapa jam.

3. Apa Saja Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Cendol Dawet?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol dawet adalah tepung ketan, gula merah, kelapa parut, daun pandan, garam, air matang, dan es batu.

4. Bagaimana Cara Membuat Cendol Dawet yang Lezat?

Cara membuat cendol dawet yang lezat adalah dengan memperhatikan proporsi bahan-bahan, menggoreng cendol dengan tepat, dan membuat saus gula merah yang enak.

5. Dapatkah Cendol Dawet Disajikan Tanpa Es Batu?

Iya, cendol dawet dapat disajikan tanpa es batu, namun rasanya akan terasa lebih baik jika diminum dalam keadaan dingin.

Cara Membuat Cendol Dawet untuk Kawan Mastah