Cara Membuat Seblak Ceker, Siap Menemani Malam Hari Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Apa kabar? Sudah punya rencana untuk makan malam nanti? Kalau belum, bagaimana kalau kita membuat seblak ceker sendiri di rumah? Selain mudah, membuat seblak ceker juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Daripada bingung mencari makanan, yuk simak langkah-langkah cara membuat seblak ceker ini!

1. Persiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan seblak ceker, pastikan semua bahan sudah siap. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak ceker adalah:

Bahan
Jumlah
Ceker ayam
250 gram
Seblak instan
1 bungkus
Bawang putih
3 siung
Bawang merah
3 siung
Cabai rawit
5 buah
Cabe merah
2 buah
Daun jeruk
2 lembar
Air
600 ml
Minyak goreng
secukupnya
Garam
secukupnya
Penyedap rasa
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah dicuci dan dipotong-potong sesuai kebutuhan. Setelah itu, siapkan wajan dan tungku untuk memasak.

2. Tumis Bumbu Halus

Bumbu halus adalah bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabe merah yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum. Setelah itu, tambahkan daun jeruk dan aduk rata.

3. Masukkan Ceker Ayam dan Seblak Instan

Selanjutnya, masukkan ceker ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga ceker ayam tercampur dengan bumbu halus. Tuangkan air dan masukkan seblak instan ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga merata.

4. Tambahkan Bumbu dan Penyedap Rasa

Setelah itu, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya ke dalam wajan. Aduk-aduk lagi hingga merata dan air mulai mendidih. Jangan lupa untuk mencicipi kuah seblak ceker agar rasanya pas.

5. Masak hingga Ceker Ayam Matang

Masak seblak ceker hingga air menyusut dan ceker ayam matang sempurna. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong di bagian bawah wajan. Setelah matang, angkat seblak ceker dari wajan.

6. Sajikan Seblak Ceker di Piring

Sajikan seblak ceker di piring dan taburi dengan bawang goreng. Seblak ceker siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

FAQ

Apakah Bisa Menggunakan Ceker Ayam Beku untuk Membuat Seblak Ceker?

Tentu saja, bisa! Namun, pastikan ceker ayam sudah dicuci bersih dan benar-benar matang sebelum disajikan.

Apakah Seblak Instan Harus Digoreng Terlebih Dahulu?

Tidak harus, seblak instan bisa langsung dimasukkan ke dalam kuah seblak ceker. Namun, jika ingin tambahan rasa gurih dan renyah, seblak instan bisa digoreng terlebih dahulu.

Tambahkan Bahan-Bahan Lain Seperti Apa yang Bisa Meningkatkan Rasa Seblak Ceker?

Bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan rasa seblak ceker adalah wortel, tauge, keju, atau sosis. Namun, jangan tambahkan terlalu banyak agar tidak mengurangi kesegaran rasa dari seblak ceker.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Seblak Ceker?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat seblak ceker sekitar 30-40 menit. Namun, waktu tersebut tergantung dari tingkat keahlian memasak dan banyaknya jumlah porsi yang dibuat.

Adakah Variasi Seblak Ceker Lain Selain Yang Ini?

Tentu saja ada, seblak ceker memiliki banyak variasi dan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti seafood, bakso, atau telur. Kreativitas dalam membuat seblak ceker tidak ada batasnya!

Cara Membuat Seblak Ceker, Siap Menemani Malam Hari Kawan Mastah