Cara Mengambil Sertifikat Vaksin

Hello, Kawan Mastah! Apa kabar? Berbicara mengenai kesehatan, vaksinasi menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Setelah divaksinasi, maka sertifikat vaksin akan diberikan. Namun, bagaimana cara mengambil sertifikat vaksin? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Apa itu Sertifikat Vaksin?

Sertifikat vaksin merupakan bukti bahwa seseorang sudah divaksinasi. Dalam sertifikat vaksin, terdapat informasi mengenai jenis vaksin, nomor batch, tanggal vaksinasi, dan lain sebagainya. Sertifikat vaksin sangat penting saat ini karena banyak sekali negara atau tempat yang mewajibkan sertifikat vaksin sebagai salah satu persyaratan.

Apakah Sertifikat Vaksin Berlaku Seumur Hidup?

Tidak semua jenis sertifikat vaksin berlaku seumur hidup. Beberapa jenis vaksin memang memberikan kekebalan seumur hidup, namun ada juga jenis vaksin yang harus diulang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecek jenis vaksin dan informasi lainnya di sertifikat vaksin Anda.

Kenapa Sertifikat Vaksin Penting?

Sertifikat vaksin sangat penting terutama saat ini pada masa pandemi Covid-19. Pada negara-negara tertentu, sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan perjalanan. Selain itu, sertifikat vaksin juga menjadi syarat untuk mendapatkan akses ke beberapa tempat dan kegiatan tertentu seperti konser, festival, dan lain sebagainya.

Cara Mengambil Sertifikat Vaksin

Cek Sertifikat Vaksin dari Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu cara termudah untuk mengambil sertifikat vaksin adalah dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memantau persebaran Covid-19. Selain itu, di dalam aplikasi PeduliLindungi, terdapat fitur untuk melihat sertifikat vaksin yang sudah Anda miliki. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan login dan memilih menu “Sertifikat Vaksin”.

Langkah-langkah melihat sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi:

No.
Langkah-langkah
1
Unduh aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store atau App Store
2
Lakukan login dengan nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi
3
Pilih menu “Sertifikat Vaksin”
4
Masukkan nomor ponsel dan kode OTP
Anda akan melihat sertifikat vaksin yang sudah Anda miliki

Cek Sertifikat Vaksin dari Website Resmi Kemenkes

Selain dari aplikasi PeduliLindungi, Anda juga dapat melakukan pengecekan sertifikat vaksin dari website resmi Kemenkes. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka halaman website resmi Kemenkes dan memasukkan nomor registrasi vaksin.

Langkah-langkah melihat sertifikat vaksin dari website resmi Kemenkes:

No.
Langkah-langkah
1
Masukkan alamat https://vaksin.kemkes.go.id/
2
Pilih menu “Cek Sertifikat”
3
Masukkan nomor registrasi vaksin dan tanggal lahir
4
Anda akan melihat sertifikat vaksin yang sudah Anda miliki

FAQ

1. Apakah Sertifikat Vaksin Wajib?

Sertifikat vaksin tidak selalu wajib, namun pada beberapa tempat dan kegiatan tertentu, sertifikat vaksin menjadi syarat untuk mendapatkan akses.

2. Apakah Sertifikat Vaksin Dapat Dipalsukan?

Ya, sertifikat vaksin dapat dipalsukan. Oleh sebab itu, pastikan Anda hanya mendapatkan sertifikat vaksin dari tempat resmi yang terpercaya.

3. Apakah Sertifikat Vaksin Berlaku Internasional?

Ya, sertifikat vaksin berlaku internasional. Namun, terdapat beberapa jenis vaksinasi yang masih belum diakui oleh negara tertentu.

4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Kehilangan Sertifikat Vaksin?

Jika kehilangan sertifikat vaksin, segera hubungi tempat vaksinasi dan minta untuk diberikan salinan sertifikat vaksin.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Dapat Mengecek Sertifikat Vaksin?

Jika tidak dapat mengecek sertifikat vaksin, segera hubungi puskesmas atau instansi vaksinasi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Demikianlah informasi mengenai cara mengambil sertifikat vaksin. Pastikan Anda selalu mematuhi protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi yang dianjurkan. Terima kasih telah membaca, Kawan Mastah!

Cara Mengambil Sertifikat Vaksin