Cara Membuka Blokir ATM Tanpa ke Bank

Halo Kawan Mastah, apakah kalian pernah mengalami kesulitan saat ingin menggunakan ATM karena kartu ATM kalian diblokir? Blokir kartu ATM bisa terjadi karena berbagai hal seperti salah memasukkan PIN atau ada transaksi mencurigakan yang dilakukan.

Namun, tidak perlu khawatir karena dalam artikel kali ini kita akan membahas cara membuka blokir ATM tanpa harus ke bank. Simak artikel berikut ini dengan saksama ya Kawan Mastah.

Apa yang perlu dilakukan ketika kartu ATM diblokir?

Ketika kartu ATM kalian terblokir, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu alasan mengapa kartu ATM kalian diblokir. Biasanya, bank akan memberi tahu alasannya melalui SMS atau email.

Setelah mengetahui alasan diblokirnya kartu ATM, periksa apakah ada transaksi yang mencurigakan pada riwayat transaksi di aplikasi mobile banking atau internet banking. Jika ada, segera hubungi pihak bank untuk meminta bantuan agar transaksi tersebut dibatalkan.

Jangan lupa untuk menghubungi call center bank untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai cara membuka blokir ATM. Selain itu, pastikan juga untuk mengganti PIN ATM kalian secara rutin untuk mencegah pemblokiran kartu ATM di masa yang akan datang.

Cara membuka blokir ATM dengan cepat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka blokir ATM dengan cepat tanpa harus ke bank. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Melalui aplikasi mobile banking

Saat ini hampir semua bank memiliki aplikasi mobile banking yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi perbankan. Salah satunya adalah membuka blokir kartu ATM.

Untuk membuka blokir ATM melalui aplikasi mobile banking, masukkan username dan password seperti biasa. Kemudian pilih menu “Layanan ATM” atau “Bantuan” pada aplikasi mobile banking. Selanjutnya pilih opsi “Buka Blokir ATM” dan ikuti instruksi yang diberikan.

2. Melalui internet banking

Sama seperti aplikasi mobile banking, internet banking juga dapat digunakan untuk membuka blokir kartu ATM. Caranya cukup mudah, yaitu masuk ke akun internet banking kalian dan pilih menu “Layanan ATM”. Selanjutnya pilih opsi “Buka Blokir ATM” dan ikuti instruksi yang diberikan.

3. Melalui SMS banking

Beberapa bank juga menyediakan layanan SMS banking untuk membuka blokir kartu ATM. Untuk menggunakan layanan ini, kalian hanya perlu mengirimkan pesan singkat dengan format yang sudah ditentukan oleh bank.

Format pesan tersebut biasanya berupa: “UNLOCK(spasi)NOMOR KARTU(spasi)NOMOR REKENING(spasi)NOMOR IDENTITAS”. Setelah itu, kirimkan pesan tersebut ke nomor SMS banking yang sudah ditentukan oleh bank.

4. Meminta bantuan ke customer service

Jika tidak berhasil membuka blokir ATM melalui aplikasi mobile banking, internet banking, atau SMS banking, kalian bisa menghubungi customer service dari bank yang kalian gunakan. Mintalah bantuan untuk membuka blokir kartu ATM.

FAQ

1. Apakah membuka blokir ATM dapat dilakukan di mana saja?

Iya, kalian dapat membuka blokir ATM di mana saja asalkan kalian memiliki akses internet dan aplikasi mobile banking atau internet banking dari bank yang kalian gunakan.

2. Apakah membuka blokir ATM dapat dilakukan di luar jam kerja bank?

Ya, sebagian besar bank menyediakan layanan mobile banking dan internet banking yang dapat diakses selama 24 jam. Namun, jika kalian mengalami permasalahan yang lebih kompleks, seperti kartu ATM terblokir karena transaksi mencurigakan, sebaiknya segera menghubungi customer service bank.

3. Apa saja yang harus disiapkan untuk membuka blokir ATM?

Untuk membuka blokir ATM, kalian hanya perlu menyiapkan username dan password untuk mengakses aplikasi mobile banking atau internet banking, serta nomor kartu ATM yang terblokir.

4. Apakah selalu berhasil membuka blokir ATM dengan cara di atas?

Tergantung dari alasan pemblokiran kartu ATM. Jika kartu ATM terblokir karena salah memasukkan PIN, biasanya cukup mudah untuk membukanya kembali. Namun, jika terblokir karena ada transaksi mencurigakan, kalian mungkin perlu membuktikan diri atau menghubungi customer service bank untuk meminta bantuan.

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Bagaimana cara mengetahui alasan pemblokiran kartu ATM?
Bank biasanya akan memberikan pesan melalui SMS atau email mengenai alasan pemblokiran kartu ATM.
2
Bisakah membuka blokir ATM melalui SMS banking?
Iya, beberapa bank menyediakan layanan SMS banking untuk membuka blokir kartu ATM.
3
Bisakah membuka blokir ATM di luar jam kerja bank?
Ya, bank menyediakan layanan mobile banking dan internet banking yang dapat diakses selama 24 jam.
4
Apakah selalu berhasil membuka blokir ATM dengan cara di atas?
Tergantung dari alasan pemblokiran kartu ATM. Jika terblokir karena salah memasukkan PIN, biasanya cukup mudah untuk membukanya kembali.

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa ke Bank