Lengkuas Berkembang Biak dengan Cara ala Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah, kali ini kita akan membahas tentang lengkuas. Lengkuas atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan Alpinia galanga merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan herbal serta bumbu masak. Selain itu, lengkuas juga bisa ditanam di halaman rumah atau pekarangan. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana lengkuas berkembang biak dengan cara yang mudah. Yuk simak!

1. Pengenalan Tanaman Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan umumnya ditanam sebagai tanaman musiman. Tanaman ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Ciri-ciri Lengkuas
Keterangan
Batang
Berusaha dan tegak
Daun
Panjang dengan ukuran 30-60 cm
Bunga
Berwarna merah muda dan putih
Akar
Panjang dan berdaging putih

Untuk mendapatkan tanaman lengkuas yang sehat, Anda bisa membeli bibit lengkuas di toko tanaman terdekat atau membiakkan sendiri dari rimpang yang sudah ada.

2. Memilih Rimpang Lengkuas yang Benar

Sebelum kita membiakkan lengkuas, kita perlu mengetahui rimpang lengkuas yang baik dan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rimpang lengkuas antara lain:

2.1. Pilih Rimpang yang Berumur 1-2 Tahun

Periksa umur rimpang lengkuas yang akan Anda gunakan untuk membiakkan. Pastikan rimpang berumur 1-2 tahun karena rimpang yang masih muda lebih mudah tumbuh subur. Rimpang yang sudah terlalu tua sulit dipelihara dan kurang subur dalam tumbuh.

2.2. Pilih Rimpang yang Sehat

Perhatikan kondisi rimpang yang akan Anda gunakan. Pilih rimpang yang sehat tanpa ada bekas luka, kerusakan atau tanda-tanda penyakit. Rimpang yang sehat akan menghasilkan tanaman lengkuas yang sehat pula.

2.3. Pilih Rimpang yang Besar

Perhatikan ukuran rimpang lengkuas yang akan Anda gunakan. Pilih rimpang yang besar karena rimpang yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak bibit. Selain itu, rimpang yang besar juga memiliki kemungkinan tumbuh subur yang lebih tinggi.

2.4. Pilih Rimpang yang Berdaging Tebal

Periksa daging rimpang lengkuas yang akan Anda gunakan. Pilih rimpang yang berdaging tebal karena daging rimpang yang tebal memiliki kemampuan untuk menyimpan nutrisi lebih banyak. Hal ini akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas bibit yang dihasilkan.

3. Cara Membiakkan Lengkuas dari Rimpang

Setelah menentukan rimpang yang akan digunakan, kita bisa membiakkan lengkuas dengan cara sebagai berikut:

3.1. Persiapan Media Tanam

Siapkan media tanam yang sesuai dengan kebutuhan tanaman lengkuas. Lengkuas membutuhkan tanah yang gembur, subur dan kaya akan nutrisi. Campurkan tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos untuk meningkatkan kualitas tanah.

3.2. Menanam Rimpang Lengkuas

Siapkan rimpang lengkuas yang sudah dipilih. Buat lubang tanam dengan kedalaman 10-15 cm. Berikan jarak antar lubang tanam sekitar 50 cm. Letakkan rimpang dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah yang telah disiapkan tadi. Siram bibit dengan air secukupnya.

3.3. Perawatan Tanaman Lengkuas

Untuk merawat tanaman lengkuas, Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

3.3.1. Penyiraman

Penyiraman adalah hal yang penting dalam merawat tanaman lengkuas. Pastikan tanah selalu lembab dengan menyiraminya secukupnya setiap hari. Jaga agar tanah tidak terlalu basah karena hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan bibit.

3.3.2. Memberikan Pupuk

Selain penyiraman, Anda juga perlu memberikan pupuk secara rutin untuk menjaga nutrisi tanaman lengkuas. Berikan pupuk organik atau pupuk buatan setiap 2-3 minggu sekali. Hal ini akan membuat tanaman lengkuas tumbuh lebih subur dan cepat berkembang biak.

3.3.3. Pemindahan Tanaman

Jika tanaman lengkuas sudah tumbuh besar, Anda bisa memindahkannya ke lokasi yang lebih besar atau ke halaman rumah Anda. Pemindahan dilakukan dengan cara mencangkul bibit lengkuas dan menggali paksa rimpangnya dari dalam tanah.

3.3.4. Pengendalian Hama dan Penyakit

Apabila tanaman lengkuas mengalami serangan hama atau penyakit, segera lakukan pengendalian dengan menggunakan insektisida atau fungisida. Pastikan pengendalian dilakukan secara tepat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. FAQ

4.1. Bagaimana Cara Menyimpan Rimpang Lengkuas?

Untuk menyimpan rimpang lengkuas, Anda bisa membersihkan kulit rimpang secara perlahan dengan menggunakan pisau. Setelah itu, keringkan rimpang di bawah sinar matahari langsung selama 1-2 hari. Setelah rimpang benar-benar kering, simpan dalam wadah tertutup seperti toples atau peti es. Rimpang lengkuas akan bertahan selama jangka waktu yang lama jika disimpan dengan benar.

4.2. Berapa Lama Lamanya Lengkuas Mencapai Ukuran Panen?

Lengkuas membutuhkan waktu sekitar 8-9 bulan untuk mencapai ukuran panen. Namun, pada saat tanaman masih muda, Anda bisa memanen rimpang sekunder atau anak rimpang yang tumbuh di sekitar bibit lengkuas. Hal ini dapat dilakukan sekitar 4-5 bulan setelah bibit lengkuas ditanam.

4.3. Apakah Lengkuas Bisa Ditanam di Pot?

Tanaman lengkuas bisa ditanam di pot dengan syarat pot yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar untuk menampung bibit lengkuas. Selain itu, Anda perlu menyiraminya secara rutin dan memberikan pupuk secara teratur untuk menjaga pertumbuhan bibit. Tapi, tanaman lengkuas lebih disarankan ditanam di tanah dengan kondisi yang lebih subur.

4.4. Apakah Lengkuas Membutuhkan Sinar Matahari yang Banyak?

Ya, lengkuas membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh subur. Letakkan bibit lengkuas di tempat yang cukup terkena sinar matahari langsung agar pertumbuhannya optimal. Namun, tanaman lengkuas juga bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh atau naungan.

4.5. Apakah Ada Cara Lain untuk Membiakkan Lengkuas Selain dari Rimpang?

Ada beberapa cara lain untuk membiakkan lengkuas selain dari rimpang antara lain stek batang, stek daun, dan perbanyakan dengan biji. Namun, cara terbaik untuk membiakkan lengkuas adalah dengan menggunakan rimpang karena dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk membudidayakan tanaman.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara membiakkan lengkuas secara mudah dan praktis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Kawan Mastah dalam menjaga kesehatan dan mendapatkan bahan masakan yang lebih segar dan berkualitas. Terima kasih sudah membaca, Kawan Mastah!

Lengkuas Berkembang Biak dengan Cara ala Kawan Mastah