Cara Membuat Paklaring Sendiri untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat paklaring sendiri. Bagi yang belum tahu, paklaring adalah makanan khas dari Solo yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Rasanya yang manis dan kenyal membuat paklaring menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Jika Kawan Mastah ingin membuat paklaring sendiri di rumah, simak artikel berikut ini ya!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat paklaring, pastikan Kawan Mastah sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain:

Bahan
Jumlah
Tepung ketan
500 gram
Gula pasir
250 gram
Santan
500 ml
Air pandan
500 ml
Pewarna makanan hijau
secukupnya
Garam
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat paklaring.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, campurkan tepung ketan, gula pasir, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur secara merata.

Selanjutnya, tambahkan air pandan dan pewarna makanan hijau. Aduk kembali hingga adonan tercampur rata dan berwarna hijau. Pastikan adonan tidak terlalu cair atau terlalu kental. Jika terlalu cair, tambahkan tepung ketan sedikit-sedikit hingga adonan mengental. Jika terlalu kental, tambahkan santan atau air pandan sedikit-sedikit hingga adonan agak cair.

3. Panaskan Wajan

Setelah adonan siap, panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Jangan terlalu panas agar paklaring tidak gosong saat dipanggang. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil ya, Kawan Mastah.

4. Bentuk Adonan Menjadi Paklaring

Setelah wajan panas, ambil satu sendok sayur adonan dan bentuk menjadi bulat. Letakkan di atas wajan dan pipihkan hingga berbentuk bulat dan tipis. Lakukan hal yang sama untuk adonan selanjutnya. Jangan terlalu banyak menempelkan paklaring di dalam wajan agar tidak saling menempel dan sulit untuk dipisahkan.

5. Panggang Paklaring

Setelah paklaring sudah terbentuk, panggang hingga matang di kedua sisinya. Paklaring sudah matang ketika permukaannya terlihat kering dan sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan letakkan di atas piring saji.

6. Sajikan Paklaring

Paklaring siap disajikan, Kawan Mastah! Anda bisa menambahkan taburan kelapa parut di atas paklaring untuk memberikan cita rasa yang lebih enak. Selamat mencoba!

FAQ

Q: Apakah paklaring bisa dibuat tanpa santan?

A: Bisa, Kawan Mastah. Tetapi santan berfungsi untuk memberikan cita rasa yang khas pada paklaring. Jika tidak ingin menggunakan santan, gantilah dengan air biasa atau susu.

Q: Apakah pewarna makanan hijau bisa diganti dengan pewarna makanan lain?

A: Bisa, Kawan Mastah. Anda bisa menggunakan warna apa saja sesuai dengan keinginan.

Q: Berapa lama paklaring bisa disimpan?

A: Paklaring bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Q: Bisakah paklaring dibuat dengan bahan-bahan yang lebih sedikit?

A: Bisa, Kawan Mastah. Namun, proporsi bahan-bahan perlu dijaga agar hasilnya tetap enak dan tidak mengganggu rasa. Jika tidak ingin membuat terlalu banyak paklaring, bisa mengurangi jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Q: Apakah paklaring bisa dibuat dengan tepung ketan instan?

A: Bisa, tetapi rasanya tidak se-enak menggunakan tepung ketan biasa. Jika ingin hasil yang lebih enak, sebaiknya memakai tepung ketan biasa.

Cara Membuat Paklaring Sendiri untuk Kawan Mastah